Komposisi Pemain Timnas U-19 Masih Bisa Berubah

Foto: Antara

Batu, Sayangi.com – Pelatih Tim Nasional U-19 Indra Sjafri menegaskan komposisi pemain untuk menghadapi putaran final Piala Asia 2014 di Myanmar masih sangat mungkin mengalami perubahan, karena ada proses seleksi yang harus kembali dijalani pemain.

Ditemui wartawan di sela-sela pemusatan latihan Timnas U-19 di Kota Batu, Jawa Timur, Senin, Indra Sjafri mengatakan sebanyak 40 orang pemain termasuk pemain-pemain lama harus bersaing secara ketat untuk bisa masuk tim inti.

“Jadi, tidak ada jaminan pemain yang sebelumnya masuk tim inti Piala AFF 2013 dan kualifikasi Piala AFC 2014 beberapa waktu, tidak akan dicoret,” katanya usai bertemu Ketua Badan Tim Nasional PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti yang meninjau pemusatan latihan Timnas U-19.

Indra mengungkapkan ada empat faktor utama yang menjadi acuan tim pelatih dalam melakukan seleksi pemain, yakni kemampuan individu, taktik, fisik, dan mental.

Selain itu, faktor kedisiplinan para pemain juga menjadi salah satu poin penting yang dipertimbangkan pelatih dan masuk dalam penilaian khusus.

“Kalau ada pemain yang tidak disiplin, sudah pasti ada sanksi tetapi sifatnya tidak merugikan. Semua faktor-faktor itu akan dipantau selama pemusatan latihan,” tambahnya.

Program pemusatan latihan tahap awal di Kota Batu direncanakan berlangsung selama dua bulan hingga Januari 2014 dan lebih difokuskan untuk meningkatkan kondisi fisik para pemain.

Sementara itu, Ketua BTN PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti meminta seluruh pemain untuk fokus mengikuti program latihan yang diberikan oleh tim pelatih dan tidak memikirkan hal-hal lain.

“Kalau pemain punya keluhan atau permintaan, segera sampaikan kepada tim pelatih agar bisa ditindaklanjuti dan tidak mengganggu proses latihan. Pokoknya, tugas mereka sekarang adalah latihan, latihan, dan latihan,” katanya.

Menurut La Nyalla, pihaknya merasa perlu menyampaikan pesan tersebut kepada pemain, karena tugas Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan ke depan akan sangat berat, yakni menjuarai Piala Asia 2014 atau minimal masuk empat besar sehingga bisa lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun 2015.

Dalam peninjauan tersebut, Wakil Ketua Umum PSSI juga menyampaikan kabar gembira soal rencana BTN untuk menaikkan uang saku bagi pelatih, pemain dan ofisial Timnas U-19. Namun, La Nyalla belum bersedia menyebutkan nilainya. (ANT)