RD Asah Strategi Timnas U-23 di Hongkong

Foto: PSSI

Jakarta, Sayangi.com – Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan (RD) mulai memantapkan strategi menjelang SEA Games 2013 yang salah satunya dengan membawa Timnas Garuda Muda menjalani ujicoba melawan klub Citizen AA di Hongkong, Selasa (12/11).

“Ujicoba ini tidak dalam tahap mencoba-coba. Dalam ujicoba nanti kami akan memantapkan pola dan skema yang selama ini dipersiapkan,” kata Rahmad Darmawan saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin.

Menurut dia, pada pertandingan ujicoba melawan klub asal Hongkong ini selain akan memantapkan pola dan skema permainan yang ada, pihaknya juga akan memaksimalkan peran masing-masing pemain yang dibawa.

“Kami ingin sekali memperkaya visi bermain dan bersiap menghadapi pola permainan lawan yang berbeda-beda. Makanya ujicoba ini harus kita maksimalkan. Apalagi karakter tim lawan hampir sama yang akan kita hadapi di Myanmar,” katanya menambahkan.

Pada SEA Games 2013, Indonesia tergabung di Grup B bersama tuan rumah Myanmar, Thailand, Timor Leste dan Kamboja. Grup ini akan bertanding di Youth Trainning Center, Thuwunna, Yangon Pelatih yang musim depan dikabarkan akan membesut klub Persebaya Surabaya meminta kepada Andik Vermansyah dan kawan-kawan memberikan kemampuan terbaiknya. Apalagi pertandingan ini juga dijadikan rangkaian untuk seleksi akhir sebelum disusutkan.

“Tentu kami juga berharap mendapatkan atmosfer pertandingan yang berbeda selama di Hong Kong. Itu menjadi salah satu faktor yang penting juga, mengingat kami akan bermain di Myanmar pada SEA Games nanti,” kata pria yang juga anggota TNI itu.

Setelah menghadapi Citizen AA, Timnas Garuda Muda akan langsung ditantang klub Hongkong lainnya yaitu Sun Pegasus di Hongkong, Kamis (14/11). Setelah menjalani dua pertandingan, Oktovianus Maniani dan kawan-kawan akan langsung kembali ke Tanah Air.

Setibanya di Tanah Air, Timnas Garuda Muda langsung kembali berlatih dan mempersiapkan diri menghadapi pertandingan segi empat di Jakarta, 21-24 November. Ada dua negara yang telah menyatakan kesiapannya yaitu Maladewa dan Papua Nugini.

Saat ini Timnas Indonesia U-23 masih beranggotakan 26 pemain dan empat pemain dalam daftar tunggu. Jumlah ini akan segera disusutkan menjadi 20 pemain sesuai dengan kuota untuk SEA Games 2013. Bisa dipastikan persaingan antar pemain dalam ujicoba akan ketat.

“Untuk penentuan 20 pemain baru diputuskan menjelang keberangkatan ke Myanmar. Maksimal tujuh hari sebelum pelaksanaan pertandingan,” kata pria kelahiran Metro Lampung itu.

Sesuai dengan jadwal yang ada, anak asuh Rahmad Darmawan ini akan menjalani pertandingan perdana melawan Kamboja pada 9 Desember. Selanjutnya menghadapi Thailand 12 Desember, Timor Leste 14 Desember dan Myanmar 16 Desember. Indonesia terakhir kali merebut medali emas Sepakbola SEA Games pada 1991. (ANT)