Ahmad Yani Gagas Konvensi Umat Islam

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com  – Setelah Salahuddin Wahid menggagas konvensi rakyat, kini politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Yani juga menggagas Konvensi Umat Islam untuk menjaring calon presiden yang mewakili muslim Indonesia secara menyeluruh.

“Sudah waktunya umat Islam menggagas Konvensi Umat Islam. Dengan mekanisme tersebut, diharapkan dapat menjaring tokoh-tokoh alternatif bagi umat Islam,” kata Yani di Kampus FISIP Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Senin.

Yani mengajak seluruh elemen umat Islam di Indonesia, termasuk juga partai-partai politik peserta pemilu dan organisasi masyarakat, untuk bersama-sama mencari pemimpin.

Menurut Yani, dengan melibatkan partai-partai politik berasas Islam ataupun berorientasi pemilih Islam dan organisasi masyarakat Islam, ada penguatan yang terjadi di antara sesama muslim untuk menentukan nasib bangsa Indonesia.

Hingga saat ini, anggota Komisi III DPR RI tersebut mengaku sudah mencoba menyampaikan gagasannya ke beberapa partai politik dan organisasi masyarakat Islam.

“Diharapkan ini akan melibatkan semua komponen, kami libatkan dalam diskusi, setidaknya ‘brainstorming’ dululah,” ujar dia.

Meski demikian, Yani tidak menampik bahwa dirinya sebagai kader PPP tentu akan mengajukan Suryadharma Ali sebagai salah satu calon potensial.

“Ya, tentunya kami dari PPP, ya, Pak SDA, yang lain siapa pun boleh kami dorong. Tentunya dengan melihat elektabilitas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PPP Fernita Darwis mengatakan bahwa dalam Rapat Pimpinan Nasional pada bulan Januari 2014 terdapat salah satu agenda untuk membahas masalah pengajuan Suryadharma sebagai calon presiden.

“Pada Rapimnas bulan Januari nanti kami akan membahas soal pencalonan beliau (Suryadharma Ali),” kata Fernita.

Menurut Fernita, hingga saat ini sebagian besar kader PPP sudah menyepakati nama Suryadharma sebagai bakal calon presiden pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. (Ant)