Jual Aset, 2 Mantan Direktur PPD Ditahan

Foto: Sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com РDua mantan direktur  Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) ditahan di rutan Cipinang, Jakarta Timur. Keduanya ditahan karena telah menjual aset PPD untuk kepentingan pribadi.

Kedua orang tersebut adalah Hendarko Hudoyo (56) mantan Direktur Keuangan dan Asep Kusnan (56) mantan Direktur Operasi.

Kasie Pidana Khusus Kejari Jakarta Timur, Sylvi Desti Rosalina mengatakan, keduanya diduga telah menjual aset milik Perum PPD pada 2006. Yakni menjual Depo B, C, H dan K, dengan alasan untuk penyehatan di tubuh Perum PPD. Namun ternyata, uang hasil penjualan digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Akibatnya negara dirugikan sebesar Rp 7,537 miliar,” ujar Sylvi, Senin (11/11) malam.

Menurutnya, keduanya sebenarnya telah diperiksa secara intensif oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Kemudian karena wilayah kejadiannya ada di Jakarta Timur, kasusnya ditindaklanjuti oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.

“Jadi ini pemeriksaan tahap kedua, karena tahap pertamanya ditangani Kejati DKI. Kedua tersangka ditahan selama 20 hari ke depan dan nanti berkasnya dilimpahkan ke pengadilan,” imbuh Sylvi.

Dari tangan keduanya, Kejari Jakarta Timur mengamankan barang bukti berupa sejumlah dokumen. Seperti akta jual beli, surat-surat kepemilikan lahan dan sebagainya.(BRTJ)