Jogja Debating Forum Juara Kompetisi Debat Internasional

Foto : youtube.com

London, Sayangi.com – Jogja Debating Forum menangkan Kompetisi Debat Internasional PPI UK yang diwakili Fajri Matahati dan Omi Ongge yang digelar di King’s College London.

Kompetisi debat diadakan dalam rangkaian Indonesian Scholars International Convention (ISIC) 2013 yang berlangsung akhir pekan, ujar Ketua Umum PPI UK, Haikal Bekti Anggoro, kepada ANTARA London, Selasa (12/11).

Peserta dari kompetisi debat PPI UK ini merupakan pelajar-pelajar Indonesia di wilayah UK maupun Eropa daratan.

Sebanyak delapan tim yang lulus seleksi panitia berpartisipasi di babak final yang dilangsungkan bersamaan dengan Indonesian Scholars International Convention (ISIC) 2013.

Berbagai topik menjadi bahan perdebatan kompetisi diantaranya peran dan manfaat social media, pemerintahan berbasiskan sekularisme, dan menurunnya industri Indonesia karena ketidakcintaan atas produk lokal.

Fajri Matahati, pelajar di kota Edinburgh serta Omi Ongge asal London mendominasi kompetisi dan hanya memiliki sedikit pesaing sengit.

Pada grand final, pasangan tersebut dihadapkan dengan Willy Limiadi asal Oxford serta Santi Nuri Dharmawan asal London yang menggunakan nama Indonesia Mengglobal. Walaupun pasangan Indonesia Mengglobal kalah, namun Santi Nuri Dharmawan diangkat menjadi Debater terbaik dalam kompetisi yang baru pertama digelar .

Duta Besar Republik Indonesia untuk United Kingdom dan Republik Irlandia, TM Hamzah Thayeb, merasa bangga dengan para peserta Kompetisi Debat yang begitu bersemangat dan penuh pengetahuan dalam penyampaian mosi yang diajukan. “Luar biasa! Sangat seru sekali!” tutur Dubes RI tersebut.

Pada babak Grand Final Debating Competition tersebut, Duta Besar RI Hamzah Thayeb menjadi juri kehormatan.

Walaupun berdebat dengan sangat panas, Kompetisi Debat tersebut ditutup dengan sportifitas yang ditunjukkan para peserta yang saling bersalaman dan memberikan selamat, dilanjutkan dengan pembagian hadiah yang diserahkan langsung Dubes RI Hamzah Thayeb. (MD/Ant)