Dramatisnya Tebing Gamping 12 Rasul di Victoria

Foto: Amusing Planet

Victoria, Sayangi.com – The Twelve Apostles atau Tebing 12 Rasul merupakan serangkaian tebing batu gamping raksasa yang menyulap pemandangan menjadi begitu dramatik kala sore ataupun pagi hari. Tebing setinggi rata-rata 45 meter tersebut terletak di sekitar 7 km lepas pantai Taman Nasional Campbell di Victoria, Australia.

Lokasinya berada disepanjang Great Ocean Road, salah satu jalur perjalanan terhebat di dunia yang membentang lebih dari 200 km. Sepanjang jalan terhampar tebing-tebing curam yang mencengangkan pun diterpa ombak Samudera Selatan.

Situs Tebing 12 Rasul ini pada awalnya bernama Sow and Piglets atau Induk dan Anak babi. Hingga lepas tahun 1922, kecantikan tebing gamping raksasa ini diubah namanya menjadi The Twelve Apostles atau Tebing 12 Rasul.

Dilansir dari laman Amusing Planet, Tebing 12 Rasul ini tak berjumlah 12, namun hanya berjumlah 9 tebing. Dan kini jumlahnya menjadi 8 tebing dikarenakan satu tebing mengalami kehancuran pada tahun Juli 2005 silam.

Tebing Dua Belas Rasul ini lahir dari erosi konstan tebing kapur dari daratan yang konon dimulai sejak 1 hingga 20 tahun yang lalu. Samudra Selatan dan angin badai secara bertahap mengikis peledakan batu kapur secara lembut, lalu membentuk gua-gua di tebing. Gua tersebut akhirnya menjadi lengkungan dan ketika mereka runtuh, tumpukan batu sampai 45 meter tinggi dibiarkan terisolasi dari pantai. Namun, tebing ini ter-erosi pada laju sekitar 2 cm setiap tahunnya, dan di masa yang akan datang, terdapat kemungkinan akan terbentuknya “Rasul” lain.

Dua Belas Rasul ini menarik puluhan ribu pengunjung setiap tahunnya karena menyajikan pemandangan yang begitu spektakuler. Mengunjungi Tebing 12 Rasul ini biasanya masuk dalam paket wisata The Great Ocean Road. Dimana anda dapat menggunakan helikopter untuk menikmati lansekapnya dengan melintasi 12 Apostles raksasa. Anda juga bisa mengunjungi tebing menakjubkan ini dari pantai di Port Campbell National Park. (FIT)