Sindikat Spesialis Pencuri Mobil Avanza Ditangkap

Jakarta, Sayangi.com – Subdit Resmob Polda Metro Jaya meringkus 7 tersangka pencurian mobil spesialis Avanza yang sudah beraksi 30 kali di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan 7 pelaku ini kerap beraksi di Jakarta Utara, Sunter, Kelapa Gading, Jakarta Barat, Grogol, Kota, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan di kawasan Tebet.

“Para pelaku beraksi pagi hari sekitar pukul 02.00 – 07.00 WIB. Sasarannya mobil yang terparkir di tempat terbuka. Mereka, 7 pelaku ini spesialis mencuri mobil avanza karena mobil ini laku di pasar gelap,” kata Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan di Mapolda metro Jaya, Selasa (12/11).

Menurut Rikwanto, hasil curian para pelaku itu langsung dilempar ke penadah dan laris bak kacang goreng seharga Rp 10-20 juta per unit di pasar gelap.

“Selanjutnya mobil curian ditampung penadah, diarahkan dijual kemana, dipreteli, atau dijual dengan surat aspal,” tutur Rikwanto.

Tak hanya berhasil menangkap 7 tersangka, tapi petugas Polda Metro Jaya berhasil menangkap pelaku berinisial TN alias DN, ST alias CM, TM alias JL, DM alias E, WS alias A, KDR alias B dan MI alias M. Tim di lapangan juga masih memburu 3 orang DPO yakni UT, A, dan D.

Akibat perbuatannya, para tersangka tersebut dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian kendaraan roda empat dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. (GWH)