Starbucks Dihukum Bayar Denda Rp 27 Triliun

Foto: telegraph.co.uk

Seattle, Sayangi.com – Gerai penjual kopi berharga premium Starbucks mengumumkan, mereka siap membayar 2,76 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 27 triliun kepada Mondelez International Inc., terkait pertikaian bisnis kopi mereka.

Pembayaran yang diputuskan oleh pengadilan arbitrase itu meliputi 2,23 miliar dolar AS untuk ganti rugi dan 527 juta dolar AS buat biaya pengacara dan bunga. Tanggapan Starbucs sendiri, seperti disitir oleh situs Bloomberg menyebutkan, mereka tak akan terganggu dengan kewajiban tersebut. “Kami memiliki dana yang cukup untuk melakukan pembayaran tersebut dan akan mencatatkannya sebagai pengeluaran belanja operasi 2013.”

Pertikaian ini sudah ada sejak 2010. Saat itu Starbucks menawarkan 750 juta dolar AS untuk menghentikan hak suplai Mondelez – kemudian dikenal dengan Kraft Foods Inc. – mendistribusikan kopinya ke Starbucks. Namun Kraft menolak tawaran tersebut.

Analis Nick Setyan dari Wedbush Securities di Los Angeles sebelumnya memperkirakan, Starbucks akan dihukum membayar 2 miliar dolar AS untuk menghentikan ribut-ribut mereka Kraft. Jadi, keputusan hakim atbitrase itu jauh di atas perkiraan para pengamat.

Menyusul keputusan Pengadilan Arbitrase itu, saham Starbucks turun 1,2% menjadi 79,61 dolar AS pada pukul 19:01 waktu New York atau pukul 06.01 WIB. Sedangkan saham Mondelez naik 3,5% menjadi 33,58 dolar AA. (MSR/Bloomberg)