Pentingnya Tahu Tanda-Tanda Jelang Kelahiran Si Kecil

Foto: womenworld.org

Jakarta, Sayangi.com – Ibu yang tinggal menghitung hari menghadapi masa persalinan akan diliputi rasa gelisah dan ws-was menghadapi persalinan secara normal. Meski terlihat menakutkan, persalinan normal sebenarnya menjadi pilihan terbaik untuk persalinan. Selain masa pemulihan persalinan normal akan lebih cepat dibandingkan persalinan caesar, bayi yang lahir secara normal, dipercaya memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan bayi yang dilahirkan secara caesar.

Agar lebih siap menghadapi persalinan secara normal, ibu harus tahu ciri-ciri saat menjelang masa persalinan tiba.

• Lebih mudah bernapas
Saat persalinan akan berlangsung, si kecil akan turun ke daerah rongga pinggul, sehingga pernapasan Ibu akan semakin lebih lancar dibanding saat masuk usia 5-7 bulan dimana si kecil mulau berkembang.

• Hilangnya lendir pada mulut rahim
Selama kehamilan, mulut rahim Ibu akan dilindungi oleh lapisan lendir yang membantu terhindarnya mulut rahim dari bakteri. Lapisan lendir tersebut akan luntur dan keluar melalui vagina. Biasanya lendir berwarna coklat disertai keluarnya darah. Keluarnya darah di masa ini adalah hal normal sekaligus menandakan ibu akan segera melahirkan.

• Menipisnya mulut rahim
Proses penipisan akan terjadi menjelang masa-masa persalinan. Kejadian ini membuat mulut rahim berubah menjadi besar akibat mulut rahim yang semakin elastis jelang kelahiran si kecil.

• Terbukanya mulut rahim
Hal ini lebih dikenal dengan istilah “pembukaan”. Pembukaan dihitung dalam satuan centimeter. Pembukaan maksimal yang terjadi pada setiap ibu hamil yakni mencapai pembukaan 10 yang artinya adalah 10 sentimeter.

• Tahapan kontraksi
Pada saat persalinan akan berlangsung, Ibu akan mengalami tiga tahapan kontraksi. Kontraksi akan berlangsung selama 30 menit hingga lima menit sekali serta berubah menjadi semakin kuat seiring waktunya si kecil akan melihat dunia.

Rasa sakit dan lelah akibat persalinan akan segera terbayarkan setelah Ibu melihat wajah si kecil untuk pertama kalinya. Jadi ibu, tak usah cemas menghadapi masa persalinan tiba. Ibu hanya harus tenang dan sering melakukan latihan pernafasan untuk memudahkan persalinan berjalan lancar. Kelas yoga atau senam hamil akan membantu ibu lebih rileks menghadapi persalinan. (FIT)