Tanam Jambu Jamaika, Jokowi Mengaku Puas

Foto: Sayangi.com/Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), kembali memantau perkembangan proses normalisasi Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (13/11).

Jokowi tiba di waduk Pluit pada pukul 10.00 WIB pagi, bersama istrinya, Iriana Widodo, dan istri Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan Basuki, dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Budi Karya. Dari pantauan Sayangi.com, Jokowi mengaku puas melihat perkembangan Waduk Pluit.

“Sudah sangat bagus, sketsanya ini sudah sangat tepat,” kata Jokowi di Taman Waduk Pluit, Rabu (13/11).

Selain itu, Jokowi juga memulai penanaman pohon di sekitar waduk. Ditemani oleh Kadin Kelautan dan Pertanian Ipih Ruyani, Jokowi secara bersama-sama dengan istrinya ditemani istri Wagub menanam 100 bibit pohon jambu jenis Jamaika dan Mangga secara simbolik.

“Jambu Jamaika tanduknya bagus, rindang. Selain itu ada 100 bibit juga untuk Mangga. Ini akan ditanami terus. Pohon jambu Jamaika adalah pohon yang sangat cocok ditanam di kawasan Jakarta Utara sesuai dengan iklimnya. Ya ini cocok sekali. Pohonnya juga terlihat rimbun,” kata Jokowi.

Kata Jokowi, untuk pembelian pengadaan jenis pohon-pohon tersebut Pemprov DKI menyediakan anggaran dari APBD sebesar Rp 60 Miliar. “Kita ada APBD untuk pembelian pohon Rp 60 miliar,” papar Jokowi.

Selain Jokowi, istri Jokowi, Iriana yang datang mengenakan kebaya warna putih dan celana jeans lalu menanam pohon jambu jamaika sebagai aksi simbolik penanaman pohon. Dengan sigap ibu 3 anak ini memegang sekop, menyerok tanah, lalu menimbun lubang tempat pohon ditanam.

Setelah Iriana, secara bergantian Istri Ahok Vironika Basuki juga menanam pohon secara simbolik. Namun dia ternyata tidak kuat mengangkat sekop penuh tanah.
“Berat juga ya,” ujar Veronica sambil tersenyum. (GWH)