Kembali Mangkir, Dahlan Iskan & Muhaimin Disebut Sok Sibuk

Foto: Sayangi.com/Opak

Jakarta, Sayangi.com – Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Menakertrans Muhaimin Iskandar kembali mangkir dari rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI. Padahal Raker yang sedianya akan diselenggarakan pada pukul 14.00 WIB itu untuk membicarakan hasil Rekomendasi Panja Outsourcing BUMN.

“Tapi berdasarkan info sekretariatan Komisi IX – Meneg BUMN tdk bisa hadir (via surat) dan Menakertrans sedang di Luar Negeri. Ini sungguh mengecewakan,” kata Anggota Komisi IX DPR RI, Indra kepada Sayangi.com, Rabu (13/11/2013).

Menurut Indra, kesannya Meneg BUMN dan Menakertrans menyepelekan jadwal rapat yang surat undangnnya sudah dikirim tersebut. Padahal, jika saja Raker tersebut terealisir, rapat tersebut akan membicarakan tentang penegakan hukum atas dugaan penyimpangan hukum ketenagakerjaan yang begitu masif di lingkungan BUMN.

“Hal ini jelas terkait nasib puluhan ribu buruh atau pekerja outsourcing. Tapi para menteri yang sok sibuk tersebut tidak datang dengan berbagai alasan,” katanya.

Indra yang juga politisi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) menambahkan, betapa maraknya dugaan pelanggaran UU No.13/2013, yang di antaranya pelanggaran dalam bentuk praktek oursourcing dan sistem kontrak di lingkungan perusahaan BUMN. Menurutnya, apabila perusahaan dilingkungan BUMN saja begitu masif dugaan pelanggaran hukum ketenagakerjaan dan tidak taat pada UU yang berlaku.

“Bagaimana kita bisa berharap banyak pada perusaan swasta lainnya untuk mentaati hukum yang berlaku di negeri ini. Sungguh ini merupakan preseden atau contoh buruk,” ungkapnya menyayangkan. (MI)