Hasil Survey: Penderita Asma Lebih Sulit Hamil

Foto: diyhealth.com

Jakarta, Sayangi.com – Bagi penderita asma atau penyakit yang berhubungan dengan sesak nafas, potensi hamil dalam waktu yang singkat relatif rendah tetapi bukan berarti tidak bisa hamil. Penderita asma memiliki kecenderungan terlambat hamil.

Dalam artikel yang dimuat majalah ilmiah European Respiratory Journal, para peneliti di Denmark melakukan survei yang melibatkan tak kurang dari 15 ribu perempuan kembar, hampir 1.000 diantaranya pernah menderita asma. Mereka ditanyai apakah pernah mencoba hamil selama lebih dari satu tahun dan rupanya nyaris semua mengatakan gagal untuk melakukan program hamil.

Terungkap bahwa 27% yang menderita asma mengalami keterlambatan hamil, dibandingkan sedikit di atas 21% yang bukan penderita asma. Para ahli yakin bahwa faktor di balik perbedaan persentase ini mungkin saja adalah inflamasi yang disebabkan oleh asma. Tetapi mereka mengatakan meski terlambat hamil, kedua kelompok memiliki jumlah rata-rata anak yang sama.

Mengomentari temuan ini, Deborah Waddell, dari organisasi Asthma UK mengatakan manajemen asma yang rapi sangat penting bagi ibu dan bayi. “Kami menyarankan calon ibu tetap harus menggunakan obat asma mereka saat hamil,” kata Waddell.

“Kalau ada wanita yang ingin hamil dan pada saat yang sama menderita asma, mereka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter,” lanjutnya. (FIT/BBC)