Pajak Reksadana Naik dari 5% Menjadi 15%

Ilustrasi foto: wisdomtimes

Jakarta, Sayangi.com – Revisi draft Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2009 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan Bunga Obligasi telah memasuki tahap finalisasi di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP KemenKeu).

Demikian diungkapkan Kepala Eksekutif Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida saat menghadiri acara Annual Capital Market Outlook 2014 di Jakarta, Senin (18/11), seperti terbaca di laman Kementerian Keuangan.

Dalam revisi PP Nomor 16 Tahun 2009 itu akan dicantumkan mengenai pengenaan pajak Reksadana sebesar 15 persen yang akan mulai diberlakukan pada awal tahun 2014. Pihaknya mengatakan, OJk hingga kini terus melakukan koordinasi dengan Dirjen Pajak. “Draf PP (Peraturan Pemerintah)-nya sudah kita sampaikan ke Dirjen Pajak dan telah memasuki tahap finalisasi. Paling lambat akhir tahun ini proses revisi tersebut dapat rampung,” kata Nurhaida.  

Sebagai informasi, sebelumnya pajak reksadana yang diberlakukan sebesar 5 persen. Melalui revisi PP Nomor 16, Pemerintah berencana menaikkan besaran pajak tersebut menjadi 15 persen. Revisi aturan ini, lanjut Nurhadia, juga akan memastikan adanya perpanjangan pajak atas bunga obligasi yang menjadi aset dasar reksadana sebesar 5 persen hingga tahun 2020. (MSR)