Ini Ekspresi Dubes RI untuk Australia Saat Tiba di Tanah Air

Foto: Ant

Jakarta, Sayangi.com – Duta Besar RI untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema telah tiba di tanah air, Selasa (19/11) malam. Saat keluar dari  di terminal kedatangan 2D Bandara Sokarno Hatta, Nadjib mengumbar senyum kepada wartawan. Sebelumnya ia sempat terkesan menghindari awak media dengan cara masuk kembali ke dalam terminal. Namun tak lama kemudian akhirnya dia keluar dan menghampiri wartawan.

“Seperti teman-teman wartawan ketahui bahwa saya datang karena di panggil untuk konsultasi kepada pimpinan saya,” kata Nadjib

Ia menegaskan bahwa pemanggilan itu terkait dengan penyadapan yang dilakukan Australia dan karena gencarnya beberapa pemberitaan di media massa kedua negara.

Sebelumnya, radio dan televisi Australia ABC serta media Inggris the Guardian melansir sebuah berita yang disiarkan hari Senin (18/11) menunjukkan bahwa Australia memang benar-benar menyadap pembicaraan telepon Presiden SBY dan para petinggi Indonesia lainnya. Media tersebut mengutip mantan kontraktor intelijen Amerika Serikat yang kini membelot di Rusia, Edward Snowden.

Tindakan Australia tersebut membuat Presiden SBY Marah. Indonesia secara resmi memanggil Duta Besar RI untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema. Meski begitu, langkah Indonesia ini tidak membuat Australia minta maaf.

Perdana Menteri Australia, Tony Abot, Selasa (19/11) malah menegaskan bahwa pemerintahannya tidak akan meminta maaf terhadap Indonesia.

“Jangan harap Australia akan meminta maaf karena telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi negara baik sekarang maupun di masa lalu,” tegas Abot dalam pidatonya di hadapan parlemen Australia. (S2)