Layakkah Ronaldo Melangkahi Messi & Ribery Soal Ballon d’Or?

Foto: uefa.org

Jakarta, Sayangi.com – Penghargaan Ballon d’Or akan kembali dianugerahkan pada pemain terbaik dunia tahun ini. Penghargaan yang dinilai dari penampilan pemain sepanjang musim lalu dan juga sepanjang tahun ini, akan diberikan pada Januari 2014 mendatang di Swiss. Lantas siapa yang layak meraihnya tahun ini?

Beberapa pekan terakhir, wacana siapa yang layak menggondol penghargaan Ballon d’Or ini mengerucut pada dua nama, pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo dan pemain Bayern Muenchen Frank Ribery. Nama Ronaldo bahkan diunggulkan, karena performanya sedang on fire bersama Real Madrid dan Timnas Portugal.

Namun, karena penghargaan ini adalah keseluruhan musim lalu, bukan penghargaan yang dinilai dalam sebulan atau dua bulan terakhir, nama Lionel Messi masih tetap dijagokan. Peraih Ballon d’Or empat tahun sebelumnya ini juga dijagokan, karena prestasi individu dan tim yang dibelanya.

Jika dinilai keseluruhan pada musim lalu atau sepanjang tahun ini, Ronaldo bisa dikatakan ‘belum apa-apa’, karena ia tidak mampu menyumbangkan satu trofi pun untuk Real Madrid. Hal ini berbeda dengan Ribery yang mampu menggenggam Tribel gelar bersama Muenchen (Super Eropa, Liga Champion, dan Piala Jerman) dan Lionel Messi yang memberikan dua trofi untuk Barcelona (Liga Spanyol dan Super Spanyol).

Dihitung dari jumlah gol pada musim lalu, Messi juga lebih unggul dari Cristiano Ronaldo. Ini dibuktikan dengan penghargaan terbaru yang diterima Messi sebagai pemain paling subur di Eropa dalam urusan mencetak gol, sehingga ia meraih Golden Boot (Sepatu Emas) untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Musim lalu La Pulga menyarangkan sebanyak 46 gol ke gawang lawan-lawannya, sementara CR7 hanya mampu mencetak 34 gol. Di sisi lain, Ribery hanya mencetak 10 gol pada musim lalu.

Di Timnas, baik Ronaldo maupun Ribery ‘angin-anginan’. Bahkan Portugal dan Perancis, Timnas kedua pemain ini, harus menjalani laga play off untuk bisa berkontestasi dalam putaran final Piala Dunia di Brasil tahun depan. Sementara Messi jauh-jauh hari sudah merampungkan tugasnya mengantar Argentina ke putaran final Piala Dunia di Brasil dengan status juara grup. Dalam hal gol, Messi sangat berperan dalam kelolosan Albiceleste lewat 10 gol yang dicetaknya di babak kualifikasi zona Amerika Selatan.

Lantas, apakah Ronaldo yang ‘nir gelar’ masih layak melangkahi Messi dan Ribery sebagai calon terkuat peraih Ballon d’Or?