Pelabuhan Tanjung Api-api Diresmikan 11 Desember 2013

Palembang Sayangi.com – Setelah menunggu waktu yang lama, akhirnya pelabuhan penyeberangan Tanjung Api-Api (TAA) Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, siap diluncurkan (Launching) pada 11 Desember 2013.

“Rencananya, launching Pelabuhan TAA ini akan dihadiri oleh Wakil Menteri Perhubungan dan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. Saat ini, kita membahas persiapan-persiapan lain, seperti penertiban bangunan liar, penyambungan PLN, penyiapan pos jaga untuk keamanan dan perbaikan jalan menuju pelabuhan,” kata Musni dalam rapat koordinasi persiapan launching, pada Rabu (27/11) di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel.

Selain itu, untuk mendukung infra struktur, terututama dalam hal transportasi darat menuju pelabuhan sendiri, nanti akan diadakan 10 bus Damri yang dibagi dua rute, yakni rute dari terminal Alang-Alang Lebar dan Kantor Damri Km 7 menuju Pelabuhan TAA.

Lalu, ketika Launcing, katanya, juga akan diadakan kapal perdana secara simbolis yang menandakan mulainya beroperasi Pelabuhan TAA” Terangnya.

Untuk mengefektifkan pelabuhan TAA, lanjut Musni, akan dilakukan penutupan pelabuhan yang berada di 35 Ilir Palembang. “Kami berharap pertimbangan dari kementerian perhubungan mengenai penutupan pelabuhan 35 Ilir,” kata Musni.

Pelabuhan 35 Ilir telah berdiri sejak 1982 dan telah diresmikan pada tahun 2005 berdasarkan keputusan Kementerian Perhubungan RI ” pungkasnya. (VAL)