Megawati: Demi Keyakinan, Saya Berani Tolak George Bush

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Tidak banyak dari kita yang tahu bahwa paska reformasi Indonesia dengan tegas pernah menolak dukungan kepada Amerika untuk menyerang Irak. Sikap tegas ini dinyatakan secara terbuka dalam sidang Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Hal tersebut dikatakan mantan Presiden RI Megawati Soekarniputri saat memberikan sambutan dalam acara seminar Dewan Guru Besar Universitas Indonesia bertajuk, “Indonesia menjawab tantangan: Kepemimpinan menjadi bangsa pemenang” di Salemba, Jakarta (30/11).

Saat itu, dijelaskan Mega, dirinya dengan tegas menolak ajakan Presiden Amerika Serikat George Bush untuk mendukung invasi terhadap Irak. Saai itu, Indonesia juga menyerukan kepada anggota PBB untuk tidak ikut menyerang Irak.

“Jadi gak benar kalau kita itu takut sama Amerika. Bahkan tiga kali saya menyatakan menolak permintaan George Bush untuk menginvasi Irak,” tegas Mega.

Menurut Mega, saat itu dirinya ditekan oleh Bush. Namun, dirinya tetap tidak peduli. Karena bagi Mega ini soal keyakinan membela kepentingan republik.

“Lagi pula kita tidak pernah bermusuhan dengan Irak,” lanjut Ketua Umum PDIP ini.

Saking kerasnya, kata Mega, Raja Arab Saudi, Raja Fahd mempertanyakan sikap Indonesia.

“Saya jawab. Ini soal keyakinan,” tutup Mega.(GWH)