Inilah Kandidat Kuat Peraih Ballon d’Or

Foto: FIFA

Paris, Sayangi.com – Lionel Messi, Franck Ribery, dan Cristiano Ronaldo pada Senin dinyatakan masuk daftar tiga besar untuk peraih penghargaan Ballon d’Or tahun ini, kata badan sepak bola dunia FIFA dan majalah France Football.

Penyerang Barcelona Messi telah empat kali memenangi gelar tersebut, namun ia kelihatannya tidak menjadi favorit kuat pada tahun ini setelah menjalani musim yang dihiasi beberapa cedera.

Pemain sayap Prancis Ribery merupakan bagian dari tim Bayern Munich yang meraih “treble” yakni menjuarai Liga Champions, Liga Jerman, dan Piala Jerman, serta Piala Super Eropa.

Penyerang Real Madrid asal Portugal Ronaldo memenangi Ballon d’Or pada 2008, dan banyak pihak meyakini tahun ini ia akan kembali meraih penghargaan tersebut.

Ballon d’Or akan diberikan di Zurich pada 13 Januari.

Mantan pelatih Ribery di Bayern Jupp Heynckes bersaing dengan mantan arsitek Manchester United Alex Ferguson dan Jurgen Klopp (Borussia Dortmund) untuk menjadi pelatih terbaik tim putra tahun ini.

Ralf Kellermann (VfL Wolfsburg), Silvia Neid (Tim nasional Jerman), dan Pia Sundhage (Tim nasional Swedia) terpilih sebagai calon pelatih terbaik tim putri.

Nadine Angerer (Jerman), Marta (Brazil), dan Abby Wambach (AS) merupakan tiga kandidat untuk peraih penghargaan pemain terbaik Putri FIFA. (AFP)