Pertamina Setujui Komposisi Saham Kilang Petrokimia

Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – PT Pertamina (Persero) dan produsen petrokimia Thailand, PTT Global Chemical Public Company Limited menyepakati komposisi saham perusahaan patungan yang akan membangun kilang petrokimia di Indonesia senilai 4-5 miliar dolar AS.

Direktur Pengolahan Pertamina Chrisna Damayanto usai penandatanganan perjanjian perusahaan patungan dengan PTT Global Chemical (PTTGC) di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (10/12) mengatakan, pihaknya menguasai 51 persen saham di perusahaan patungan.

“Sisanya, 49 persen dimiliki PTT,” ungkapnya.

Komposisi saham tersebut, lanjutnya, dengan opsi masing-masing bisa mencari mitra lain.

Menurut dia, kilang direncanakan berlokasi di dekat Kilang Plaju, Sumsel. “Kami sudah punya lahan seluas 450 ha di sana (Plaju),” ujarnya.

Nilai investasi 4-5 miliar dolar AS tersebut, di luar lahan. Chrisna menambahkan, kilang berkapasitas satu juta ton nafta.

“Sumber nafta bisa dalam atau luar negeri, tergantung mana yang lebih murah,” tuturnya.

Produk yang dihasilkan yakni polietilen, polipropilen, dan butadiena akan dipasarkan di dalam negeri.

Saat ini, Indonesia masih mengimpor produk-produk petrokimia tersebut senilai lima miliar dolar AS per tahun.

“Setelah kilang ini beroperasi 2018, kami menargetkan menguasai 30 persen pangsa pasar petrokimia di Indonesia yang diperkirakan mencapai total 30 miliar dolar,” ujar Chrisna.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko M Afdal Bahaudin mengatakan, penandatanganan perjanjian akan menjadi dasar pelaksanaan studi kelayakan kilang.

“‘FID’ (final investment decision atau keputusan akhir investasi) ditargetkan bisa ditetapkan 2015,” ucapnya.

Presiden dan CEO PTTGC Bowon Vongsinudom mengatakan, studi kelayakan (feasibility study/FS) direncanakan selesai pertengahan 2014.

“Kami telah selesaikan studi awal proyek ini dan selanjutnya FS akan selesai 2014,” katanya.

Selain kilang petrokimia, dalam waktu dekat Pertamina dan PTTGC juga akan membentuk perusahaan patungan untuk memasarkan produk polimer.

PTTGC merupakan unit bisnis PTT Group dengan total kapasitas produksi petrokimia 8,72 juta ton per tahun. (MD/Ant)