Hormon Ini Dapat Membuat Pria Makin Setia dan Anti Poligami

Foto/Ilustrasi: HuskyHakon

Sayangi.com – Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menyatakan ada sebuah hormon yang dapat memertahankan kesetiaan pasangan. Hormon ini bahkan terbukti dapat mencegah pria untuk melakukan poligami.

Penelitian tersebut melibatkan tes pada 20 pria yang rata-rata memiliki hubungan dua tahun lamanya. Mereka disemprotkan sebuah hormon dan diperlihatkan foto pasangan, wanita lain dan sebuah rumah. Hasilnya, saat melihat foto pasangannya, pusat otak yang membuat rasa senang sangat aktif ketika melihat foto pasangannya. Hal inilah yang membuat pria merasa senang, tenang dan bertahan dalam sebuah hubungan monogami.

Adalah oksitosin, hormon cinta yang punya pengaruh penting dalam sikap kasih sayang seseorang. Oksitosin juga terkenal karena perannya dalam membangkitkan gairah seksual dan reproduksi. Disinyalir hormon ini jugalah yang bertugas memerintahkan otak seseorang dengan pasangannya untuk saling bergandengan tangan, berpelukan, hingga berciuman. Hormon ini juga dilepaskan tubuh ketika seorang ibu menyusui bayinya dan menyebabkan ikatan batin yang kuat.

Dalam momen pdkt, hormon oksitosin inilah yang memacu anda untuk terus menelpon pasangan, berbincang dengan pasangan hingga larut, hingga memberikan perhatian-perhatian romantis kepada pasangan. Oksitosin juga yang membuat Anda dan pasangan tetap bersama dan tak saling meninggalkan ketika melalu masa-masa sulit.

“Monogami seksual sebenarnya cukup mahal untuk laki-laki, sehingga harus ada beberapa bentuk mekanisme (hormon) yang mengikat pria dan wanita bersama-sama, setidaknya untuk beberapa waktu,” ujar penulis studi Dr Rene Hurlemann, seorang profesor psikiatri di Universitas Jerman.
Paul J.Zak, direktur Center for Neuroeconomics Studies  juga menjelaskan bahwa oksitosin juga berkaitan dengan terjadinya orgasme, mengakhiri konflik, mengurangi kecemasan, dan membuat kita lebih tenang menghadapi orang asing.

Studi dalam jurnal Psychoneuroendocrinology juga menulis, bahwa pasangan dengan tingkat oksitosin tinggi lebih sering tertawa, dan saling menyentuh daripada mereka dengan tingkat hormon oksitosin rendah.

Banyak studi yang telah membuktikan secara ilmiah bahwa hormon cinta ini dapat mencegah pria berpoligami, pun menyulap pria untuk lebih setia kepada pasangannya. Lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan hormon super hebat ini? Baca selengkapnya di 6 Cara Jitu Meningkatkan Hormon Cinta. (VAL)