Trafik Layanan Data Telkomsel Bali Nusra Naik 141 Persen

telkomsel.com

Kupang, Sayangi.com – Trafik layanan data Telkomsel di wilayah Bali dan Nusa Tenggara (Nusra) pada periode tahun baru 2014 mencapai 18,1 terabyte atau mengalami kenaikan 141 persen, jika dibanding periode sebelumnya yang berkisar 7,5 terabyte.

“Trafik layanan data mengalami peningkatan signifikan. Di wilayah Bali Nusra, lalu lintas komunikasi data mencapai 18,1 terabyte pada momentum pergantian tahun 2013 ke 2014. Angka ini, 141 persen lebih tinggi dari puncak trafik layanan data pada periode yang sama tahun lalu yang berkisar 7,5 terabyte,” kata Pandu Maulana, Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular Bali Nusra, Minggu (5/1).

Sementara itu, layanan SMS yang sebelumnya selalu menjadi favorit pelanggan untuk mengucapkan `Selamat Tahun Baru, pada saat ini cenderung stabil penggunaannya dibandingkan tahun lalu.

Terbukti trafik layanan SMS mengalami peningkatan hanya sekitar tiga persen dibandingkan trafik pada periode yang sama tahun sebelumnya, dari 55,9 juta SMS setiap harinya menjadi 57,4 juta SMS pada tahun baru 2014.

Perilaku komunikasi ini wajar mengingat tren penggunaan layanan seluler secara bertahap telah bergeser ke layanan data, sehingga ucapan `Selamat Tahun Baru melalui layanan “instant messaging” atau “chatting” dengan fasilitas broadcast message maupun media sosial seperti Facebook dan Twitter kini lebih disukai pelanggan, katanya.

Dia menambahkan, sejalan dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara di Bali Nusra juga mengalami peningkatan pada periode pergantian tahun.

Trafik layanan suara meningkat lebih dari enam persen dari 63,7 juta menit pada malam tahun baru 2013 menjadi 67,7 juta menit pada periode yang sama tahun ini.

Dari sisi transaksi layanan isi ulang pulsa, terjadi peningkatan sebesar delapan persen dibandingkan periode pergantian tahun sebelumnya.

Peningkatan trafik layanan komunikasi tersebut diikuti dengan kualitas delivery layanan yang secara umum baik, katanya menjelaskan.

Tercatat tingkat kesuksesan layanan data mencapai 99,97 persen, sementara tingkat kesuksesan layanan SMS dan suara masing-masing 99,94 persen dan 97,13 persen.

“Kami bersyukur, persiapan yang kami lakukan sejak sebelum periode Natal mampu menghasilkan layanan yang prima selama periode pergantian tahun. Kami berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan agar pelanggan semakin nyaman dalam berkomunikasi menggunakan layanan Telkomsel,” katanya.

Telkomsel telah menggelar infrastruktur jaringan untuk mendukung kenyamanan pelanggan dan masyarakat dalam memanfaatkan beragam inovasi produk dan layanan seluler sesuai kebutuhan.

Saat ini pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra dilayani lebih dari 3.600 base transceiver station (BTS), di mana sepertiga di antaranya merupakan Node B (BTS 3G) untuk memaksimalkan kualitas layanan data, katanya menambahkan. (MD/Ant)