‘Kini, Ballon d’Or Apa Kata Opini, Bukan Permainan di Lapangan’

Foto: barcaboys

Barcelona, Sayangi.com – Bek kanan Barcelona Dani Alves menyebut rekan setimnya, Lionel Messi, masih sulit digeser sebagai pemain terbaik dunia saat ini. Meski mengalami serangkaian cedera pada tahun lalu dan tidak difavoritkan menjadi pemenang Ballon d’Or 2013, Alves tetap menyatakan Messi sebagai talenta terbaik sejagat.

“Ballon d’Or sungguh menjemukan karena telah berpindah ke lapangan bermain yang berbeda, yakni berpindah ke area yang penuh opini ketimbang ke area lapangan yang sesungguhnya. Namun jika kita melihat kondisi sebenarnya di lapangan, saya rasa Leo, selama ia masih bermain, akan membuat para rivalnya duduk di posisi kedua,” ungkap Alves.

“Pemenang [Ballon d’Or] adalah pemain yang punya musim terbaik bersama klubnya atau yang memiliki publisitas besar-besaran. Kita membicarakan Ballon d’Or layaknya membicarakan politik. Barangsiapa yang bekampanye paling baik, dialah yang bakal menang. Bukan pemain yang memainkan sepakbola terbaik, yang mampu berlari dengan ajaib dan mencetak paling banyak gol,” imbuhnya.

Pemenang Ballon d’Or — antara Messi, Cristiano Ronaldo, dan Franck Ribery — bakal diumumkan pada 13 Januari mendatang di Zurich. Dalam gala Ballon d’Or tersebut juga diumukan susunan tim terbaik FIFPro World XI yang dipilih oleh pesepakbola lain. Alves, yang masuk sebagai nomine bek terbaik, ikut mengomentari penghargaan tersebut.

“Ini adalah hal yang spesial. Sangat penting bisa dipilih oleh pemain lain yang benar-benar paham dengan bidangnya. Jadi, Anda dipilih oleh orang-orang yang mengerti Anda, bukan sebaliknya, misalnya Ballon d’Or yang dipilih oleh orang-orang yang mengklaim dirinya paham [soal sepakbola],” lanjut Alves, dikutip Goal.

Alves menjadi salah satu dari tiga bek Barcelona yang masuk dalam nominasi FIFPro World XI. Namun mereka juga dihadapkan dengan kompetisi dari pemain Bayern Munich yang sukses merebut treble musim lalu dan juga sukses menggebuk Barcelona dengan skor agregat 7-0 di semi-final Liga Champions musim lalu.

“Mereka memenangi banyak kompetisi. Jadi normal jika mereka mewakilkan banyak pemainnya untuk berkesempatan masuk kedalam [FIFPro World] XI ini. Saya sendiri menjalani tahun lalu dengan cukup konsisten dan saya juga memenangi beberapa gelar. Tetapi mereka telah melakukan hal-hal hebat. Jika mereka terpilih, mereka memang pantas mendapatkanya,” pungkasnya.