Langkah Nadal, Murray dan Federer Belum Terhadang

Foto: BBC

Melbourne, Sayangi.com – Rafael Nadal sempat beberapa kali mengajukan keluhan kepada wasit karena dianggap melakukan pelanggaran saat serve, namun ia tetap mampu menaklukkan Kei Nishikori dan mencapai perempat final Australia Terbuka pada Senin.

Unggulan teratas Nadal melaju ke pertandingan ini setelah menghabisi Gael Monfils, namun permainan yang ditampilkannya jauh dari sangat bagus saat menghadapi unggulan ke-16 asal Jepang, yang mematahkan servenya untuk pertama kalinya di turnamen ini dan harus kalah dari petenis Spanyol itu dengan skor 6-7 (3-7), 5-7, 6-7 (3-7), di Rod Laver Arena.

Berjuang mengatasi kelelahan, Nishikori yang tampil impresif mengejar dari kondisi tertinggal 1-4 untuk unggul pada set ketiga namun Nadal balas melakukan break untuk memaksakan pertandingan ini diteruskan dengan tie break kedua.

Nishikori melepaskan pukulan panjang yang membuat Nadal mendapatkan tiga match point, dan petenis Spanyol itu menguncinya pada kesempatan pertama untuk melaju ke perempat final, di mana ia akan berhadapan dengan petenis unggulan ke-22, Grigor Dimitrov.

Sementara Andy Murray membanting raket dengan rasa frustrasi saat harus memainkan set keempat, sebelum mencapai perempat final Australia Terbuka berkat kemenangan 6-1. 6-2, 6-7 (6), 6-2 atas Stephane Robert pada Senin.

Setelah melalui dua set pertama dalam waktu satu jam lebih, juara Wimbeldon Murray mendapatkan beberapa “match point” pada set ketiga dan dipaksa memainkan “tiebreak” oleh petenis Prancis berusia 33 tahun itu, yang kemudian memenanginya dengan skor 8-6.

Itu merupakan pertama kalinya bagi unggulan keempat Murray menelan satu set kekalahan pada turnamen ini, namun setelah berganti kaus, ia mengakhiri permainan di set keempat dalam waktu 28 menit untuk mengunci tiket perempat final, di mana ia akan berhadapan dengan Roger Federer atau Jo-Wilfried Tsonga.

Robert merupakan ‘lucky loser’ pertama yang mencapai putaran keempat di Melbourne Park, dan ia hanya memainkan empat pertandingan dari sepuluh penampilan sebelumnya di berbagai ajang Grand Slam.

Sedangkan, Roger Federer menandai kembalinya ia sebagai penantang serius di Grand Slam dengan menaklukkan Jo WIlfried-Tsonga 6-3, 7-5, 6-4, untuk melaju ke perempat final Australia Terbuka pada Senin.

Mantan petenis peringkat satu dunia itu, yang tampil tidak maksimal pada sebagian besar kompetisi 2013, mendominasi permainan untuk menaklukkan petenis Prancis itu dalam waktu 112 menit di bawah sorotan lampu Rod Laver Arena.

Setelah tersingkir lebih dini di Wimbledon dan AS Terbuka, Federer membuka jalan ke perempat final Grand Slam ke-41nya, menyamai rekor yang dibukukan petenis AS Jimmy Connors di era profesional.

Juara 17 Grand Slam itu mengunci kemenangan dengan pukulan voli melintas lapangan, untuk selanjutnya berhadapan dengan juara Wimbledon Andy Murray untuk memperebutkan satu tempat di semifinal. (AFP)