Berdych Taklukkan Ferrer Untuk Capai Semi Final

Foto: abc.net.au

Melbourne, Sayangi.com – Petenis Ceko Tomas Berdych berhasil mengatasi hadangan David Ferrer untuk mencapai semifinal Australia Terbuka pada Selasa, dengan kemenangan 6-1, 6-2, 2-6, 6-4.

Unggulan ketujuh tersebut unggul dua set atas Ferrer namun pada set ketiga petenis Spanyol tersebut mampu memberikan perlawanan.

Ferrer terlihat akan memaksakan pertandingan ini dilanjutkan dengan memberikan perlawanan sengit, namun ia kehilangan fokus pada kedudukan 2-2 di set keempat untuk kemudian gagal memaksimalkan servenya dengan melakukan sejumlah kesalahan ganda.

Berdych kemudian mendapatkan advantage, sukses dari ancaman break point ketika ia melakukan serve, untuk mengunci tiket ke semifinal di mana ia akan menghadapi juara bertahan Novak Djokovic atau unggulan kedelapan Stanislas Wawrinka.

Berdych telah berjuang keras untuk menembus dominasi ‘Empat Besar’ tenis putra, dan ia mencapai final Wimbledon pada 2010, namun kemenangannya atas Ferrer merupakan yang pertama didapatnya di lapangan tengah di Melburne, di mana ia lebih sering bermain di Hisense Arena.

“Itulah bagaimana semua ini dapat terjadi. Sungguh, saya sama sekali tidak mengajukan keluhan,” kata petenis 28 tahun ini kepada para pewarta, setelah berhasil mencapai semifinal dari 11 kali penampilannya di Melbourne Park.

“Keduanya merupakan arena hebat dengan penonton-penonton yang hebat. Hal yang penting adalah tetap meraih kemenangan, dan akhirnya saya mendapatkan korban pertama di sini, itu hal yang bagus.” Bermain di area baseline dengan mengandalkan forehand, petenis rendah hati asal Ceko ini sekarang bisa memainkan permainan di Rod Laver Arena, dan ia meyakini dirinya sedang memainkan tenis terbaik sepanjang karirnya.

Saat ditanyai apakah itu cukup untuk menaklukkan Djokovic atau Wawrinka, Berdych bersikap waspada.

“Jika saya akan menghadapi Novak atau Stan, ini akan menjadi, kembali, mengenai pertandingan,” ucapnya. “Saya akan memberikan 100 persen pada pertandingan itu dan saya tidak benar-benar memandang ke masa yang akan datang.” Bagaimanapun, penampilan Berdych saat melawan Ferrer akan memukau para petenis ‘Empat Besar,’ saat ia menyelesaikan set pertama dalam waktu setengah jam, mematahkan serve unggulan ketiga itu sebanyak dua kali dengan serve kedua yang hanya dapat dikembalikan petenis Spanyol itu dengan pukulan melebar.

“Permisi” Ferrer sempat mampu mengejar pada set kedua, namun servenya kembali dipatahkan pada kedudukan 4-4 ketika Berdych melepaskan pukulan backhand ke depan garis sebelum menutup set itu dengan pukulan serve yang menghasilkan ace.

Tidak mau menyerah, Ferrer berupaya memberi perlawanan kepada Berdych dan menggagalkan serangkaian break point untuk menahan serve pada permainan marathon pada kedudukan 2-2.

Merasa bersemangat, ia sedikit mendorong hakim garis saat ia menuju kursi untuk meletakkan handuk, kemudian kembali menampilkan permainan bagus pada empat game selanjutnya saat Berdych melakukan serangkaian kesalahan.

“Itu adalah momen yang membuat gugup, namun tidak ada apa-apa,” kata Ferrer kepada para pewarta mengenai gesekannya dengan hakim garis. “Saya berkata kepada dia ‘permisi’ setelahnya. Tidak ada yang istimewa.” Berdych meninggalkan lapangan antara set ketiga dan keempat untuk menenangkan diri, dan bangkit dari gempuran breakpoint pada permainan serve pada kedudukan 2-2.

Namun setelah mendominasi permainan, Ferrer justru kehilangan fokus saat ia melepaskan forehand keluar lapangan pada break di game selanjutnya.

Berdych memaksimalkan peluangnya dengan kedua dan berulang kali memaksakan deuce pada serve, petenis Ceko itu menggagalkan break point dengan pukulan forehand dan menutup pertandingan setelah tampil selama lebih dari tiga jam dengan serve kerasnya.

Berdych sekarang telah menembus semifinal di empat Grand Slam, ia menjadi petenis Ceko kedua yang mencatatkan prestasi itu setelah Ivan Lendl di era profesional.

“Itu tentu saja merupakan salah satu hal dalam agenda saya,” kata Berdych.

“Saya mendapat banyak pengalaman pada musim lalu. Saya berharap itu akan membantu untuk musim ini. Sejauh ini semuanya berlangsung dengan baik.”