3 Guru Divonis 1 Bulan, Siswa Kumpul Koin Solidaritas

Kolaka, Sayangi.com – Tiga guru SMPN I Wundulako divonis penjara selama satu bulan oleh pengadilan Negeri Kolaka akibat melakukan kekerasan terhadap murid di sekolah itu.

Dampak dari jatuhnya vonis pengadilan terhadap ketiga oknum guru tersebut membuat siswa-siswi dari sekolah itu menggelar aksi solidaritas dengan mengumpulkan koin yang nantinya akan diberikan kepada tiga lembaga penegak hukum yakni Pengadilan Negeri, Kejaksaan dan Kepolisian.

Kepala sekolah SMPN I Wundulako, Bustam yang ditemui, Sabtu (25/1) membenarkan adanya aksi solidaritas yang dilakukan siswa di sekolah itu sebagai bentuk kepedulian.

“Kami juga telah melakukan rapat kepada jajaran kepala sekolah se-Kabupaten Kolaka dan disepakati akan melakukan aksi unjuk rasa di tiga lembaga penegak hukum,” Tegasnya.

Menurutnya langkah yang dilakukan oleh lembaga pengadilan yang melakukan vonis terhadap guru itu sebetulnya tidak sesuai dengan kondisi lapangan dikarenakan siswa yang dikeluarkan oleh pihak sekolah tidak diterima oleh orang tua murid.

“Sehingga orang tua murid melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian,” Ungkapnya.

Untuk itu, lanjut dia, hasil rapat para guru menyimpulkan akan melakukan aksi kumpul koin itu di mulai dari siswa SD,SMP dan SMA sederajat sebagai bentuk solidaritas.

“Kami hanya menginginkan agar penegak hukum bisa menerapkan aturan sesuai dengan kenyataan yang ada, jangan karena hanya laporan sepihak sehingga melakukan kesewenang-wenangan terhadap guru,” Jelas Bustam.

Sebelumnya pihak orang tua korban melaporkan tujuh guru dari sekolah itu karena diduga melakukan tindak kekerasan terhadap satu murid sampai akhirnya dikeluarkan oleh pihak sekolah.

Namun pihak kepolisian Kolaka usai melakukan penyidikan menetapkan empat tersangka yakni inisial Pa, Na, Sr, As dan tiga diantaranya sudah dijatuhi vonis penjara selama satu bulan oleh pihak pengadilan Negeri setempat. (VAL/Ant)