Wawrinka Tak Pernah Menyangka Bisa Juarai Australia Open

Foto: BBC

Australia, Sayangi.com – Juara Australia Terbuka Stanislas Wawrinka mengatakan ia tidak percaya bahwa dia cukup baik untuk memenangkan Grand Slam .

Petenis Swiss , 28 , mengalahkan petenis nomor satu dunia Rafael Nadal melalui pertarungan ketat selama empat set 6-3 6-2 3-6 6-3 di final hari Minggu di Melbourne .

Wawrinka adalah petenis pertama di luar ‘ empat besar ‘ dari Nadal , Roger Federer , Novak Djokovic dan Andy Murray untuk memenangkan gelar Australia Open setelah Juan Martin Del Potro pada 2009 .

Wawrinka adalah orang pertama yang mengalahkan petenis berperingkat nomor satu dan dua di Grand Slam sejak Sergi Bruguera 1993 Prancis Terbuka . Bruguera mengalahkan Pete Sampras dan Jim Courier sebelum akhirnya meraih kemenangan.

Wawrinka , yang mengalahkan juara bertahan Novak Djokovic di babak perempat final, posisinya akan bergerak naik ke posisi ketiga dalam peringkat dunia Senin , menjelang David Ferrer dan Andy Murray.

” Aku tidak pernah berharap untuk memenangkan Grand Slam karena , bagi saya , saya tidak cukup baik untuk mengalahkan orang-orang , ” kata Wawrinka .

Ini adalah ukuran pencapaian Wawrinka yang menyamai Del Potro , sebagai orang kedua selain dari ‘ empat besar ‘ untuk memenangkan salah satu judul utama olahraga sejak Marat Safin di Australia Terbuka 2005 .

” Untuk memenangkan Slam , menjadi nomor tiga [ dalam peringkat ] , baik bagi saya adalah kejutan besar , ” kata Wawrinka . ” Tapi saya pikir lebih untuk memenangkan Slam , karena dalam peringkat Anda bisa menjadi nomor tiga tanpa memenangkan Slam . Tapi sekarang keduanya terjadi , jadi itu adalah kejutan besar . 

” Ini adalah perasaan yang luar biasa . Saya melihat Roger memenangkan begitu banyak grand slam di masa lalu , jadi sekarang giliran saya untuk memenangkan satu .
” Jika Anda melihat 10 tahun terakhir , kecuali Del Potro , itu hanya empat orang yang memenangkan semua Grand Slam . “
Keberhasilan Wawrinka minggu ini membawanya melewati 17 kali juara utama Federer untuk menjadi petenis Swiss nomor satu untuk pertama kalinya .
” Roger adalah teman baik , ” katanya . “Dia bagi saya pemain terbaik yang pernah ada. Dia sudah ada bertahun-tahun .

Wawrinka merupakan orang Swiss kedua yang memenangkan gelar tunggal Grand Slam , yang lainnya adalah Roger Federer
” Dia berjuang sedikit tahun lalu , tapi dia pemain yang luar biasa , teman yang luar biasa , karena ia selalu menginginkan yang terbaik bagi saya .
” Dia selalu SMS saya . Bahkan jika dia kalah , seperti di AS Terbuka [ putaran ketiga ] , ia adalah orang pertama yang sms saya sebelum pertandingan atau setelah pertandingan .

” Aku tidak menelepon begitu banyak orang , tetapi istri saya , anak saya , kakak saya , dan Roger menelepon saya . Jadi, ya , itu bagus bagi saya .
” Saya tahu bahwa dia benar-benar , benar-benar senang untuk saya . Dia selalu menginginkan yang terbaik bagi saya . “
Wawrinka bermain luar biasa untuk menaklukkan Nadal setelah menerima pengobatan untuk timeout medis – sesuatu Wawrinka menanyai wasit tentang cedera lawannya.

” Aku hanya ingin tahu apa masalah Rafa , ” katanya . ” Karena sebelum ia bertanya fisio , ia sedang memeriksa kakinya . Aku tidak tahu benar-benar apa masalahnya .
” Biasanya, bila fisio akan datang ke lapangan, wasit selalu mengatakan lawan mengapa dia datang . Ia tidak ingin memberitahu saya . “
Setelah pindah dua set up , Wawrinka menjatuhkan ketiga dan kehilangan memimpin di awal keempat saat dia berjuang untuk menyingkirkan lawan sakit .
” Saya terkejut seberapa baik saya mulai pertandingan , ” katanya . ” Pada awalnya , dia baik , dia fit , dia tidak terluka . Dan saya sendiri , sekali lagi , saya bermain tenis menakjubkan .

” Lalu ada pertandingan kedua dalam pertandingan. Aku harus tetap tenang dengan diriku sendiri , hanya mencoba untuk tetap agresif , karena ia terluka .
” Tapi dia masih berusaha sedikit . Itu tidak mudah . Aku mulai benar-benar gugup karena saya mulai menyadari bahwa saya bisa memenangkan Grand Slam .
” Jadi itu tidak mudah , tapi pada akhirnya saya baru saja kembali ke permainan dan fokus pada apa yang ingin saya lakukan . ” (BBC)