Sekilas Kisah Murry, Drummer yang Jadi “Ruh” Koes Plus

Jakarta, Sayangi.com – Satu lagi musisi Indonesia pergi ke alam keabadian. Dia adalah Murry, drummer band Koesplus yang berjaya di era 70-an. Kasmuri atau yang lebih dikenal dengan Murry  meninggal dunia di usia yang ke 65 tahun pada Sabtu (01/02/2014) pukul 05.00 pagi.

Jenazah Murry disemayamkan di rumah duka Perumahan Kranggan Permai, Jalan Cempaka 1, Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat dan akan dikebumikan di TPU Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

Siapa Murry?
Kasmuri atau Murry lahir di Jember, Jawa Timur, 19 Juni 1949, adalah salah satu personel grup musik Koes Plus yang memainkan alat musik drum. Dialah satu-satunya anggota Koes Plus yang bukan dari keluarga Koeswoyo. Bersama Koes Plus, Murry pun sukses menelurkan puluhan album dan juga hits di industri musik Indonesia. Bahkan Murry menjadi personil paling awet di Koes Plus. Bersama dengan Yon, keduanya berhasil mengarungi industri musik Indonesia bersama lebih dari dua dekade.

Ibarat garam dalam masakan, Murry adalah “bumbu” yang harus ada dalam kelompok Keoswoyo. Hal ini juga yang menjadikan grup legendaris ini diberi nama Koes Plus.  Di situlah Murry besar dan juga membesarkan Koes Plus. Pengaruh Murry tidak hanya melalui musik saja, dari juga potongan rambutnya pun, yang sukses menjadi trend kala itu.

Selain menjadi vokalis dan juga drummer, Murry juga handal dalam mencipta lagu, bahkan beberapa lagu karya Murry populer dan sangat familiar di telinga para pecinta musik Indonesia kala itu. Beberapa lagu ciptaan Murry cukup populer, di antaranya adalah Pelangi, Doa Suciku, Bertemu dan Berpisah, Hidup Tanpa Cinta, Semanis Rayuanmu, Kau Bina Hidup Baru, Ayah dan Ibu, Bujangan, Pak Tani, Mobil Tua, Cobaan Hidup, dan Cubit-cubitan.

Pepatah mengatakan, seniman akan mati, tetapi karyanya tetap hidup dan memanjangkan umurnya. Secara fisik Murry tak mungkin kita temui, tetapi lagu-lagunya tetap dapat didengar sepanjang masa.  Inilah yang membuat Murry tetap berumur panjuang di hati masyarakat Indonesia.

Berikut simaklah video lagu “Pelangi” karya Murry berikut ini .