10 Fakta Lumba-Lumba, Sahabat Manusia Yang Doyan Tertawa

Foto: Deutsche Welle

Jakarta, Sayangi.com – Di banyak negara, lumba-lumba dikenal sebagai “sahabat manusia”. Berikut 10 fakta yang membuat manusia bisa bersahabat dengan lumba-lumba.

1. Tidak ada binatang laut yang bisa menyentuh emosi manusia lebih kuat ketimbang lumba-lumba. Alasannya, mungkin karena mamalia ini tergolong binatang paling cerdas atau karena tampilannya yang seolah selalu tertawa.

2. Mungkin kedekatannya dengan manusia, karena lumba-lumba juga tergolong binatang menyusui. Induk lumba-lumba lazimnya juga hanya melahirkan seekor anak yang harus disusui.

3. Perburuan dan pembantaian lumba-lumba di teluk Taiji, Jepang yang digelar rutin setiap tahun, memicu amarah di seluruh dunia. Nelayan di Taiji biasanya menggiring gerombolan lumba-lumba ke teluk dan membantainya untuk dikonsumsi.

4. Lumba-lumba berorientasi pada sistem sonar. Nelayan Jepang biasanya membuat suara bising di bawah permukaan laut, yang membuat mamalia ini kebingungan, dan dengan mudah menggiringnya ke teluk Taiji. Lumba-lumba adalah binatang sosial yang hidup berkelompok.

5. Orang luar dicegah supaya tidak banyak tahu mengenai perburuan brutal lumba-lumba itu. Tapi air berwarna merah darah sangat mencurigakan. Karena itu nelayan Taiji sekarang mengubah cara pembantaian lumba-lumba. Mereka menombak otak lumba-lumba dengan batangan logam dan menutup lubang lukanya dengan sejenis gabus.

6. Kebanyakan lumba-lumba yang dibantai diambil dagingnya untuk dijual dan dikonsumsi. Tapi binatang yang paling cantik dijual hidup ke akuarium lumba-lumba di seluruh dunia. Harga seekor lumba-lumba besar dibanderol 150.000 dolar AS. Sementara bayi lumba-lumba albino yang langka, bisa mencapai harga setinggi 500.000 dolar AS.

7. Jenis lumba-lumba besar biasanya dipelihara di akuarium atau taman wisata air. Jenis ini terkenal bisa melakukan akrobat dan atraksi menarik lainnya, serta bisa berkembang biak dalam bak peliharaan.

8. Lumba-lumba mudah diajar dan dilatih untuk melakukan atraksi atau show. Tapi akuarium lumba-lumba juga kontroversial. Penentangnya menyebutkan, amat kejam menahan binatang cerdik dalam kolam, karena lumba-lumba juga bisa merasakan penderitaan layaknya manusia.

9. Lumba-lumba memiliki volume otak cukup besar dan jaringan selaput otak cukup kompleks. Karena itu, binatang laut yang cerdas ini bisa diajari beraksi di depan kamera. Yang paling terkenal, lumba-lumba dalam serial TV “Flipper”. Tapi di balik layar terdengar berita tak sedap, seekor lumba-lumba bunuh diri saat produksi film itu.

10. Angkatan laut Amerika Serikat bahkan melatih lumba-lumba untuk misi militer. Binatang ini dilatih untuk membawa ranjau laut ke kapal musuh atau dididik menjinakkan ranjau. Untuk tugas militer, tampilan bersahabat mamalia laut ini sama sekali tidak dipedulian. (MSR/Deutchewelle)