BNPB: Selama Januari, 203 Bencana Terjadi, 178 Tewas

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 203 bencana terjadi di berbagai daerah di Indonesia selama Januari 2014.

“Selama 1-31 Januari 2014 ada 203 kejadian bencana dengan 178 korban meninggal dunia,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin (3/2).

Selain itu, BNPB juga mencatat sebanyak 1,2 juta warga mengungsi akibat berbagai bencana alam yang terjadi.

“Pengungsi terbesar di Sulawesi Utara, kebutuhan rehab rekon hampir Rp 2 triliun yang diusulkan. Kita akan lakukan pendataan detil,” tambah dia.

Terdata beberapa bencana alam berdampak besar seperti banjir Jakarta yang menyebabkan 30.784 harus mengungsi di 140 titik pengungsian dan tujuh orang meninggal dunia karena sakit, tersengat listrik atau terbawa arus banjir.

Bencana lainnya yaitu erupsii Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara, tercatat 15 orang meninggal dunia akibat semburan awan panas dan tiga orang luka-luka.

“Tim sebanyak 170 personel masih terus menyisir tempat-tempat yang diperkirakan masih ada korban. Ini tidak bisa cepat dilakukan karena sampai saat ini masih juga terjadi erupsi,” tutur Sutopo.

Diperkirakan masih ada korban yang tertimbun abu vulkanik dengan ketebalan 30 centimeter.

Erupsi Sinabung menyebabkan 30.117 jiwa atau sekitar 9.388 kepala keluarga harus mengungsi.

Bencana berdampak besar lannya adalah banjir bandang di Manado Sulawesi Utara menyebabkan 40 ribu jiwa harus mengungsi karena kehilangan tempat tinggal dan 19 orang meninggal dunia.

Serta banjir bandang dan tanah longsor di Jawa Timur tepatnya di Jombang menyebabkan 12 orang meninggal dunia. Sedangkan longsor di Dusun Talasan. Kecamatan Pujon menyebabkan 10 meter tanah longsor menutupi jalan provinsi.(ANT/GWH)