Menteri Malaysia Akan Hadiri Hari Pers Nasional

Foto: HPNI/Suprapto

Kuala Lumpur, Sayangi.com – Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Dato’ Seri Ahmad Shabery Cheek beserta sejumlah perwakilan media negara jiran ini akan menghadiri puncak acara Hari Pers Nasional dan bersilahturahim dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa di Indonesia.

“Kami akan datang untuk menghadiri Hari Pers Nasional di Bengkulu pada 9 Februari sekaligus mengadakan jamuan makan malam dengan sejumlah insan pers nasional,” kata Shabery di Kuala Lumpur, Senin malam.

Selain Menteri Shabery, terdapat sejumlah pemimpin redaksi media massa di Malaysia termasuk sejumlah wartawan yang akan melakukan peliputan kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tersebut.

Menteri Shabery Cheek dijadwalkan tiba di Bengkulu pada 8 Februari dan kembali ke Kuala Lumpur, 10 Februari.

Kehadiran rombongan Malaysia ini menunjukkan hubungan insan pers dua negara bertetangga ini telah terbina dengan baik dan diharapkan kedepannya semakin kokoh.

“Saya berharap kita bisa memiliki siaran berita seperti Al Jazeera yang boleh diterima oleh masyarakat Arab,” katanya.

Shabery menginginkan siaran berita tersebut meluas hingga ke pelosok Nusantara termasuk Brunei Darussalam, Singapura, Thailand dan Filipina.

Untuk itu, lanjut dia, perlu adanya kesepakatan yang dibangun oleh insan pers Indonesia dengan Malaysia.

Senada disampaikan Direktur Utama Perum LKBN Antara Saiful Hadi bahwa perlu ada kesepakatan yang bisa dimulai melalui dua kantor berita negara yakni Perum LKBN Antara dan Bernama dalam pengiriman berita dari masing-masing wilayahnya.

“Dengan adanya kesepakatan tersebut, maka kedua belah pihak bisa menyiapkan program siaran beritanya,” ungkap dia.

Saiful menambahkan bahwa kehadiran Menteri Malaysia ke HPN ini telah diwujudkan pada pelaksanaan sebelumnya di kota Manado, Sulawesi Utara.

“Kehadiran menteri Malaysia ini diharapkan bisa menjadi tradisi yang menyemarakkan pelaksanaan HPN,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Tetap Konfederasi Wartawan Asean, Akhmad Kusaeni menjelaskan ada kegiatan lainnya yang masuk dalam rangkaian HPN yaitu pelaksanaan seminar konfederasi wartawan Asean (CAJ) yang akan berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan pada 10 sampai 12 Februari 2014.

“sejumlah perwakilan wartawan dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan lainnya akan hadiri CAJ di Palembang,” ungkapnya.

Hari Pers Nasional (HPN) 2014 akan diselenggarakan pada 6-10 Februari 2014 di Bengkulu. HPN 2014 memiliki makna khusus karena bertepatan dengan “Tahun Politik”. Tema HPN tahun ini adalah “Pers Sehat, Rakyat Berdaulat”. Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menghadiri acara Puncak HPN 2014. (ant)