Ultah Facebook ke-10 Dirayakan 1,23 Miliar Pengguna

Ilustrasi foto: Reuters

California, Sayangi.com – Hari ini, Selasa (4/2) Facebook tepat berulangtahun ke-10, sejak pertama tampil live di sebuah kamar asrama Universitas Harvard di Amerika Serikat.  

Bos Facebook, Mark Zuckerberg menyebutnya sebagai “perjalanan yang luar biasa” sampai situs media sosial itu menjadi bagian dari kehidupan ratusan juta orang di seluruh dunia. Semula dirancang sebagai cara agar para mahasiswa dapat saling berhubungan, Facebook kini mempunyai 1,23 miliar pengguna aktif, atau kira-kira seperenam populasi dunia. Mereka inilah, mungkin termasuk Anda, yang hari ini ikut merayakan pesta ulang tahun jejaring sosial terbesar di dunia ini.

Data juga menunjukkan, 1,23 miliar pengguna itu mengadakan 201,6 miliar koneksi friend dan mengklik tombol “like” 3,4 triliun kali. Facebook sendiri belakangan ini mulai terlibat dalam sengketa hukum berkepanjangan diantara para pendirinya dan kekhawatiran soal privacy, namun Zuckerberg tetap positif. “Saya bersyukur menjadi bagian dari perjalanan itu,” katanya dalam sebuah pernyataan tertulis.

Facebook mempunyai sekitar 1 juta anggota pada akhir tahun pertamanya, dan sekarang dikabarkan mempunyai kira-kira 1,23 milyar pengguna bulanan – 945 juta diantaranya mengakses dari telepon seluler. Facebook tidak merilis statistik pengguna secara rinci, tapi mengatakan, sekitar 81 persen penggunanya berada di luar AS dan Kanada.

Menurut konsultan riset eMarketer, situs tersebut digunakan oleh 46,6 persen populasi Amerika Utara, 35,7 persen Eropa Barat, 29,9 persen Amerika Latin, 24,9 persen Eropa Timur dan Tengah, 11 persen Timur Tengah dan Afrika, dan 7,1 persen di kawasan Asia Pasifik. Facebook juga mengatakan, 9 juta orang Australia menggunakan situs itu setiap hari, termasuk 7,3 juta yang mengakses melalui telepon seluller. Pada basis bulanan, jumlah pengguna Australia naik menjadi 12 juta.

Angka itu tidak seberapa dibandingkan dengan jumlah pengguna di negara-negara lain. Menurut eMarketer, terdapat 146,8 juta pengguna di AS, disusul oleh India (84,9 juta pengguna), Brazil (61,2 juta pengguna), dan Indonesia (60,5 juta pengguna). Facebook dimulai dengan hanya lima pendiri – Zuckerberg, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, Chris Hughes, dan Eduardo Saverin, yang kemudian menggugat Zuckerberg setelah melihat bagiannya dalam perusahaan sangat berkurang.

Sampai 31 Desember tahun lalu, perusahaan itu mempunyai 6.337 staf. Perusahaan itu “go public” pada bulan Mei 2012 dan harga sahamnya merosot hingga separuh. Tapi selama setahun terakhir harga sahamnya menanjak lagi. Profit sepanjang 2013 melonjak menjadi 1,5 miliar dolar AS dari hanya 53 juta dolar AS di tahun 2012. Sedangkan pendapatan mereka, sebagian dari iklan online, naik menjadi 7,87 miliar dolar AS dari 5,1 miliar dolar AS. (MSR/ABC)