Diet Bulan Purnama Diklaim Turunkan Berat Badan Secara Cepat

Jakarta, Sayangi.com – Diet merupakan salah satu cara lazim yang dilakukan banyak wanita untuk mendapatkan tubuh yang proporsional. Dalam perkembangan ilmu kesehatan, terdapat bermacam-macam diet dan yang baru-baru ini menjadi trendsetter artis Hollywood sekelas Madonna dan Demi Moore adalah metode diet bulan purnama.

Diet Werewolf atau disebut juga dengan Lunar Diet  diklaim menurunkan berat badan secara cepat, bahkan sebagian pelaku diet ini mengklaim berat badan mereka berkurang sampai 2,7 kilogram dalam 24 jam.

Beberapa anggapan menyebutkan bulan memiliki pengaruh  gravitasi pada air dalam tubuh, sama seperti pengaruhnya pada laut. Pengaruh tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Berdasarkan dengan teori tersebut, terciptalah ide diet bulan purnama ini.
 
Metode diet bulan purnama ini mengandalkan jus dan puasa berdasarkan siklus bulan untuk membersihkan tubuh. Umumnya dilakukan dengan mengganti makanan dengan makanan cair seperti jus atau air putih untuk beberapa hari dalam sebulan. Makanan cair itu harus dikonsumsi pada saat bulan purnama atau saat bulan baru.

Pengaruh gravitasi akan menarik seluruh toksin keluar dari tubuh saat tubuh hanya mengkonsumsi cairan saja di waktu-waktu tersebut, sehingga berat badan pun turut berkurang.

“Mengonsumsi lebih banyak cairan pada fase bulan akan meningkatkan pengaruh bulan, merangsang aktivitas saluran kencing dan membuang lebih banyak toksin. Proses pembuangan ini penting karena banyak toksin bertumpuk di tubuh akibat pola makan tidak sehat dan sistem pencernaan buruk, “demikian salah satu penjelasan yang tertulis di situs Moon Connection yang dilansir dari Mailonline.

Situs-situs sejenis ini juga menyarankan agar diet ala bulan purnama ini dilakukan untuk satu sampai tiga hari pada satu waktu. Namun demikian, beberapa pakar nutrisi masih meragukan efektivitas metode diet ini. Menurut mereka, metode diet ini belum tentu baik untuk program penurunan berat badan dalam jangka panjang.

Jeanette Crosland, juru bicara British Dietetic Association mengatakan”jika memang ada pengaruh gravitasi bulan pada tubuh untuk mengurangi kadar air, namun pengaruhnya sementara. Lagi pula jika ingin lebih langsing yang ditargetkan adalah lemak tubuh bukan kadar air.”
Dilansir dari Nydaily, Minggu (2/2/2014), ahli diet Roxanne Laughlin mengatakan “Perhatian utama saya dengan ‘Werewolf Diet’ adalah tidak adanya bukti untuk mendukung pola makan berkelanjutan. Selain itu diet yang memerlukan puasa atau pembatasan kelompok makanan keseluruhan meningkatkan risiko kekurangan gizi.”