Ahok Akan Hentikan Peran Swasta dalam Pengangkutan Sampah

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku jengah dengan jasa pengangkutan sampah yang masih melibatkan swasta. Ia menilai jasa swasta terkesan tidak becus dan lamban dalam penangananan sampah.

“Kita goblok sekali, punya truk sampah ngangkutin wilayah yang sudah dikontrakkan pada swasta. Seringkali kenapa kita angkutin, karena masyarakat marah sampahnya membusuk tidak diangkut-angkut. Akhirnya yang dikejar pak Lurah dan pak Camat. Pak Lurah dan pak Camat enggak punya truk sampah yang akhirnya truk sampah dinas yang diminta untuk angkutin”, Katanya di Balaikota, Jakarta, Selasa, (04-01-2014).

Karena itu, lanjut Ahok, dirinya mendorong adanya perubahan mekanisme dalam pengangkutan sampah. Ia ingin untuk selanjutnya, hak pengelolaan sampah dikembalikan kepada Pemprov DKI dengan proses pengangkutannya tanpa lagi melibatkan jasa swasta sepenuhnya.

“Rencana kami seluruh swasta kita habisi”, Tegasnya.

Ditanya tentang kapan realisasi dari keinginan dirinya tersebut, Ahok belum bisa memastikannya. Pihaknya masih melakukan kalkulasi dalam penganggarannya.

“Tergantung truk sampah berapa, saya lagi lihat anggarannya”, Ucapnya.

Ahok menambahkan, dirinya akan ngotot untuk mengupayakan hal itu. Bahkan, Jika nantinya terganjal dari sisi anggaran, dirinya akan mengambil langkah dengan cara menyewa.

“Kalau truk sampah enggak dikasih kita akan sewa di luar, kita rental saja. Khan rental enggak perlu diurus kendaraannya. Hanya ngisi minyak saja. Nah kita akan kontak perusahaan rental untuk sewa. Kita juga minta pasang CCTV, kalau banyak yang rusak di Bantar Gebang, akan saya pecat kalian nanti. Berarti ada sesuatu. Saya enggak mau CCTV yang mahal, cukup yang bisa melihat nomer unit truknya”, Pungkasnya.