Memanas, Dino Ancam Mundur dari Konvensi Demokrat

Foto: apdforum

Bandung, Sayangi.com – Konvensi Partai Demokrat semakin memanas. Setelah sebelumnya akademisi UI Hamdi Muluk mundur sebagai anggota Komite Audit Hasil Survei dalam Konvensi Demokrat, kini giliran peserta Konvensi sendiri, Dino Patti Djalal. Ia menegaskan akan mengundurkan diri dari konvensi apabila ada peserta yang dijadikan “anak emas” dalam Konvensi Demokrat.

“Setiap peserta harus diposisikan setara dan diperlakukan sama,” kata Dino dalam keterangan tertulisnya di Bandung, Selasa (4/2/2014).

Dino mengatakan bahwa peserta konvensi yang mendapatkan banyak dukungan elite bukan berarti yang bersangkutan menjadi “anak emas” apalagi pemenang konvensi.

Dukungan elite Demokrat, menurut dia, merupakan hak individu masing-masing dan tidak mencerminkan sikap partai.

“Pemenang konvensi bukan ditentukan oleh titipan dari atas, tetapi berdasarkan hasil survei tiga lembaga survei independen,” ujarnya.

Dino menegaskan bahwa ia tidak merasa gentar dengan para pesaingnya untuk bertarung dalam konvensi meski tanpa satu pun elite Demokrat yang masuk dalam tim suksesnya.

Seperti diketahui beberapa peserta konvensi didukung elite Demokrat, seperti Pramono Edhi yang didukung Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono dan juru bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul.

Marzuki Alie didukung Wakil Ketua Umum Max Sopacua, Gita Wirjawan didukung Ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga, dan Dahlan Iskan yang didukung Sekretaris Majelis Kehormatan T.B. Silalahi.

Konvensi Partai Demokrat akan mengadakan debat terbuka yang diikuti 11 peserta konvensi di Harris Hotel and Conventions Festival CityLink Bandung, Rabu (5/2/2014).

Dilaporkan Antara, 11peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat akan hadir mengikuti “Debat Bernegara 11 Capres Konvensi Partai Demokrat” dan tidak kurang dari 1.000 undangan dari berbagai kalangan disebar untuk bisa menyaksikan debat ini.

Tema politik dan ekonomi menjadi dua topik utama yang akan dibahasa karena disesuikan dengan karakteristik tempat berlangsungnya acara tersebut.

Debat itu akan dibagi dalam dua sesi, yaitu lima peserta di sesi pertama dan enam peserta pada sesi kedua. Sesi pertama dilaksanakan pukul 15.30–18.00 WIB, sementara untuk sesi kedua dilaksanakan pukul 19.45-22.15 WIB.

Ke-11 peserta yang akan bertarung itu nantinya, yakni Dahlan Iskan, Gita Wirjawan, Anies Baswedan, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Ali Masykur Musa, Irman Gusman, Marzuki Alie, Pramono Edhie, dan Sinyo Harry Sarundajang.