Tak Tahan Kecaman Media, Dubes AS di Rusia Mundur

Foto: AP

Washington, Sayangi.com – Duta Besar Amerika Serikat di Rusia, Michael McFaul mengumumkan pengunduran dirinya melalui blog hari Selasa (4/2) kemarin. Pengunduran diri itu direncanakan setelah berakhirnya Olimpiade Musim Dingin Sochi.
 
McFaul, yang diangkat menjadi Duta Besar untuk Rusia bulan Desember 2011 dianggap sebagai arsitek utama kebijakan “reset” , yang membuahkan menghangatnya hubungan Amerika dan Rusia setelah masa jabatan Vladimir Putin berakhir tahun 2008. Putin terpilih kembali untuk jabatan presiden ketiga tahun 2012 dan kembalinya Putin ke Kremlin membangkitkan kembali perselisihan Amerika-Rusia. McFaul menjadi sasaran kecaman para anggota parlemen dan media pemerintah Rusia.
 
Gedung Putih dalam pernyataan hari Selasa mengatakan bahwa Presiden Barack Obama sangat berterimakasih atas jasa McFaul yang sangat luar biasa, dengan mengatakan bahwa McFaul telah membantu membentuk kebijakan yang memajukan kepentingan Amerika dan tanpa kenal lelah mendukung nilai-nilai universal yang dijunjung Amerika di seluruh dunia. (MSR)