13 Bulan Terlantar di Laut, Jose Minum Air Kencing Sendiri

Foto: Reuters

Kepulauan Marshall, Sayangi.com – Seorang nelayan usia 37 tahun asal El Salvador, yang ditemukan terdampar di Kepulauan Marshall mengatakan kepada pihak berwenang, ia selamat dalam pelayaran 13 bulan menyeberangi Lautan Pasifik dengan meminum air kencing sendiri, makan daging mentah kura-kura, ikan dan burung.

Jose Salvador Alvarenga mengatakan kepada Voice of America (VoA), ia berangkat dari Meksiko Selatan bulan Desember 2012 untuk ekspedisi menangkap hiu selama satu hari. Ketika perahu serat gelasnya yang berukuran tujuh meter kehilangan tenaga, ia mulai hanyut hingga terdampar 11 ribu kilometer jauhnya. Ia mengatakan terpaksa membuang mayat teman perjalanannya yang meninggal.
 
Pihak berwenang belum mengkonfirmasi keterangan itu dan sebagian meragukan kebenarannya.

Tapi pelatih keselamatan laut dan bekas penyelam angkatan laut Amerika Crownover mengatakan, pengalaman Alvarenga mungkin saja terjadi.
Crownover, Direktur Lembaga Pelatihan Keselamatan Laut dari University of Louisiana tidak sendirian. Penduduk Kepulauan Marshall dan pembuat film “Jack Niedenthal” kepada CNN dan VOA menyatakan, mereka percaya bahwa keterangan tersebut tidak dibuat-buat. Apalagi setelah melihat alasan Alvarenga yang keberatan untuk berbicara kepada media setelah ditemukan karena kelelahan. (MSR)