XL Axiata: Akuisisi Axis Tinggal Tunggu Putusan KPPU

Foto: dailysocial.net

Jakarta, Sayangi.com – Pemegang saham PT XL Axiata Tbk (XL) menyetujui akuisisi saham PT Axis Telekom Indonesia (Axis) yang diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), di Jakarta, Rabu (5/2).

“RUPSLB dihadiri 92 persen pemegang saham, sekitar 96,6 persen menyetujui aksi korporasi ini. Posisi sekarang XL tinggal menunggu keputusan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada akhir Maret 2014,” kata Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi. Menurut Hasnul, sejauh ini aksi konsolidasi yang dirancang sudah mendapatkan restu dari Kemenkominfo, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami optimistis KPPU akan mengeluarkan rekomendasi yang positif bagi aksi konsolidasi karena ini menguntungkan bagi semua pihak, mulai dari perseroan, pemerintah, hingga pelanggan,” ujar Hasnul, seperti dikutip Antara. Melalui akuisisi dan merger dengan Axis, XL diharapkan mampu memberikan layanan yang lebih baik dan menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia.

Sementara itu Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin menambahkan untuk dana senilai 865 juta dolar AS guna membiayai akuisisi tersebut sudah didapat sekitar 500 juta dolar AS (58 persen) dari induk usaha Axiata. Sedangkan sisanya sebesar 365 juta dolar AS (42 persen) akan diupayakan dari pinjaman dari institusi finansial.

“Pinjaman itu sebagian sudah didapat dari DBS Bank Ltd senilai 300 juta dolar AS,” ujar Adlan. Ia menjelaskan, pinjaman tersebut memiliki tenor selama tiga tahun. “Tetapi tidak semua untuk akuisisi, ada juga untuk belanja modal tahun ini,” katanya.

Sesuai dengan Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement – CSPA) antara XL dan STC, setelah memperoleh persetujuan dari pemegang saham dan regulator terkait, maka XL akan segera melakukan pembayaran kepada pemegang saham Axis sebesar 865 juta dolar AS. (MSR)