Marc Marquez Belum Terhentikan Pada Sesi Uji Sepang

Foto: cyclenews

Sepang, Sayangi.com – Juara dunia Marc Marquez mencatatkan waktu tercepat dan menjadi pebalap pertama pekan ini yang memecahkan batas waktu dua menit pada Rabu yang merupakan hari kedua sesi uji di Malaysia.

Pebalap Honda asal Spanyol itu merupakan yang tercepat pada Selasa, finis di depan pebalap senegaranya Dani Pedrosa, di mana pebalap Jerman Stefan Bradl berada di posisi ketiga di Sirkuit Sepang.

Marquez dan rekan setimnya Pedrosa, yang bertekad mendapatkan gelar dunia MotoGP pertamanya setelah delapan tahun berkiprah di kelas premium, unggul atas duet Yamaha Jorge Lorenzo dan juara dunia sembilan kali asal Italia Valentino Rossi.

Lorenzo – juara MotoGP dua kali – kehilangan mahkota dunianya yang direbut Marquez pada tahun lalu.

Marquez, yang tetap menjadi sosok yang harus ditaklukkan, mencatatkan 1 menit 59,926 detik di temperatur yang panas, di mana Pedrosa tertinggal 0,410 detik di belakangnya.

Bradl berada di urutan ketiga, tertinggal 0,413 detik sedangkan Rossi di posisi keempat, terpaut 0,538 detik di belakang Marquez.

Pebalap Spanyol Lorenzo berada di urutan keenam, tertinggal 0,647 detik di belakang juara MotoGP yang baru dimahkotai.

Marquez (20), menjadi juara MotoGP termuda pada balap akhir musim Grand Prix Valencia pada November, memenangi gelar dunia pada musim debutnya.

“Saya gembira. Ban belakang yang baru bekerja dengan baik. Namun saya merasa sedikit gugup pada tikungan pertamanya. Kami perlu meningkatkan kemampuan sepeda motor pada tikungan pertama. Kami perlu menjadi aman,” ucapnya.

Pebalap Spanyol itu pada Selasa mencatatkan waktu 2 menit 0,286 detik dengan keunggulan setengah detik atas Rossi.

Lorenzo mengeluhkan penampilan ban belakangnya dan berkata bahwa dirinya perlu mengembangkan kekuatan fisiknya.

“Saya memiliki sepeda motor yang lembut di tikungan-tikungan, namun saya tidak gembira dengan bannya,” ucapnya sambil menambahi bahwa konsumsi bahan bakar sepeda motor Yamahanya juga perlu diperbaiki.

Trek kembali berada dalam kondisi yang panas dan kering pada Rabu, sehingga waktu-waktu tercepat dapat ditorehkan ketika para pebalap memperbaiki penampilan sepeda motor mereka.

Lorenzo, Pedrosa, dan Marquez mendominasi sepanjang hari di sirkuit ini, yang jalur-jalur panjang dan tikungan-tikungan sempitnya keras menjadi tantangan tersendiri pada kondisi-kondisi cuaca yang tidak pasti.

Sesi uji akan diakhiri pada Kamis, namun para pebalap akan kembali ke Sepang untuk sesi tiga hari lainnya pada 26 Februari.

Mereka akan menjalani sesi tambahan di Phillip Island di Australia dan sirkuit Losail di Qatar, sebelum musim baru secara resmi dimulai di Losail pada 23 Maret.

Malaysia akan menjadi tuan rumah GP pada Oktober. (AFP)