AS Peringatkan Rusia Soal Bom Pasta Gigi

Foto: AP

Moskow, Sayangi.com – Amerika Serikat memperingatkan maskapai-maskapai yang terbang ke Rusia untuk Olimpiade Musim Dingin di Sochi bahwa bahan peledak berbentuk pasta gigi kemungkinan akan diselundupkan ke atas pesawat.

Departemen Keamanan Dalam Negeri mengatakan, peringatan itu ditujukan untuk semua penerbangan, baik yang langsung ke atau dari Rusia. Rusia sendiri kini tengah mempersiapkan perhelatan olahraga akbar itu di Sochi.

Departemen tersebut juga mengatakan, kali ini tidak tampak adanya bahaya spesifik terhadap AS. Namun lebih pada penyelenggaraan olimpiade itu sendiri. Ini adalah ancaman paling baru yang dilaporkan terhadap Rusia, yang telah meningkatkan keamanan di kawasan sekitar Sochi.

Dalam pernyataan yang disampaikan kepada BBC, Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat mengatakan, Mereka senang dapat berbagi informasi dengan mitra-mitra domestik dan internasional, termasuk mereka yang terkait dengan acara-acara internasional, khususnya Olimpiade Sochi. AS bahkan menempatkan dua kapal perang di Laut Hitam untuk mengantisipasi ancaman keamanan selama berlangsungnya Olimpiade yang dijadwalkan berlangsung pada 7-23 Februari.

Kekhawatiran akan adanya ancaman kekerasan ini menyusul dua serangan bunuh diri di Volgograd pada bulan Desember dan berbagai ancaman dari milisi di Kaukasus. (MSR)