Pengajuan Truk Sampah Ditolak DPRD, Jokowi: Ya Sudah Lah

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pihaknya tidak ingin memaksakan diri untuk merealisasikan rencana pembelian truk sampah oleh Pemprov DKI.

“Ya kalau sudah ditolak, ya ditolak dong. Masak kita mau paksa beli. Duitnya darimana?,” katanya di Balaikota, Jakarta, Kamis (6/2).

Menurut Jokowi, pihaknya telah melakukan pengajuan pembelian truk sampah terhadap DPRD DKI Jakarta. Dikatakan oleh Jokowi, pihak DPRD DKI Jakarta justru tidak menyepakatinya.

“Yang beli itu khan tahun ini, sudah ditolak. Berarti ya tidak beli. Beli pake duit saya gitu?, Ya enggak mungkin dong,” ungkapnya.

Kendati demikian, Jokowi mengatakan dirinya tetap tidak akan menyurutkan niat untuk mengupayakan rencana tersebut di periode anggaran perubahan selanjutnya.

“Nanti di anggaran perubahan diajukan lagi. Kalau enggak diterima tahun depan kita ajukan lagi. Ini memang kita perlukan, kita perlukan,” ucapnya.

Pembelian truk sampah, lanjut Jokowi, diajukan demi pengadaan kelengkapan sistem pengelolaan sampah di Jakarta. Menurutnya, dengan begitu manejemen pengelolaan sampah di Jakarta dapat menjadi semakin bagus.

Sejauh ini, pengelolaan sampah di Jakarta lebih banyak menggunakan jasa swasta. Bagi Jokowi, tidak menutup kemungkinan jika pengelolaan sampah nantinya akan kembali ditangani Pemprov DKI sendiri.

“Hanya masalah ini dikelola pemerintah atau swasta ini masalah manajemen saja. Jika lebih efektif dikelola sendiri, ya dikelola sendiri. Kalau misalkan swasta lebih bagus pengelolaannya, ya silahkan dikelola. Tapi kelola yang bener,” harapnya.(GWH)