Ahok: Dinas Kebersihan Tak Becus Urusi Sampah DKI

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai Dinas Kebersihan DKI Jakarta tak becus mengelola sampah. Ini bisa dilihat dari tumpang tindihnya peran swasta dan pihak Pemprov DKI dalam pengangkutan sampah.

“Manajemen Dinas Kebersihan DKI tak bagus. Harusnya Dinas Kebersihan DKI mempertegas pembagian pengangkutan sampah  yang menjadi tanggung jawab swasta dan yang bukan. Itu memang kesalahan dari Dinas Kebersihan,” katanya di Balaikota, Jakarta, Kamis (6/2).

Selain itu, Ahok mempertanyakan kenapa Dinas Kebersihan DKI harus membeli truk perlengkapan angkut sampah jika masih memakai jasa swasta.

Ahok menambahkan, Pemprov DKI harus segera berbenah dalam pengurusan sampah untuk kedepannya. Ia menegaskan Perlu ada peraturan yang ketat dari pihak Pemprov menyangkut hal itu. Bahkan, lanjut Ahok, bila perlu, pengelolaan sampah di Jakarta dikembalikan tanggung jawabnya untuk di urus pihak Pemprov DKI sendiri.

“Toh swasta tidak pernah dikasih sanksi ketika swasta tidak mengangkut sampah dan tidak ada dendanya. Iya kan?. Harusnya ada pembagian kerja,” ucapnya.

Saat ini, dikatakan oleh Ahok, Dinas Kebersihan telah melakukan penyusunan prosedure drafting untuk menyempurnakan kembali manejemen yang dirumuskan sebelum-sebelumnya.

“Dia baru nyusun Januari ini, Karena mereka salah paham dia berpikir masih pake pihak swasta untuk pake truk,” pungkasnya.(GWH)