Sekjen KIPP: Pemilu Sebuah Rekruitmen Elit Politik

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Dalam UUD 45 disebutkan bahwa kedaulatan ada di tangan rakyat dan dilaksanakan melalui UUD. Salah satu pelaksanaan kedaulatan adalah dengan pemungutan suara.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Mukhtar Sindang saat memberi sambutan dalam acara “Maklumat Bersama Pemilu Jurdil Damai dan Anti Korupsi” di Hotel JS Luwansa, Kamis (6/2).

Hadir dalam acara maklumat bersama itu Ketua KPU Husni Kamil Manik, Anggota Bawaslu Danil Zuhron, Ketua DKPP saut Sirait,  Brigjen Sukamto Handoko yang mewakili Kapolri, Mayjen Suharno mewakili Panglima TNI, Sri Handoko dari Kementerian Dalam Negeri dan perwakilan Partai Politik peserta pemilu.

“Konflik sosial harus diantisipasi agar pemilu berjalan damai. Oleh karena itu kami (KIPP) menganggap perlu diadakannya pemilu yang jujur dan adil serta anti korupsi,” tuturnya.

Pemilu, tandasnya, sebagai sebuah rekruitmen elit politik negara penting dilaksanakan dalam suasana yang kondusif demi tercapainya tujuan yang diharapkan.

“Karenanya, kami mengajak seluruh pemangku kepentingan dalam pemilu serta masyarakat luas bersepakat dalam Maklumat Bersama untuk menegakkan Pemilu jujur adil, damai dan anti korupsi,” imbuhnya.(GWH)