Marquez Dominasi Sesi Uji Pra Musim Moto GP di Sepang

Foto: BBC

Sepang, Sayangi.com – Juara dunia Marc Marquez tetap mendominasi ketika sesi uji pra musim Moto GP yang berlangsung tiga hari dan berakhir pada Kamis, memberi sinyal bahwa pebalap muda Spanyol ini berencana mempertahankan mahkotanya pada tahun ini.

Pebalap Honda itu mengakhiri hari uji terakhir dengan mencetak rekor kecepatan baru di Sirkuit Sepang Malaysia.

Pebalap 20 tahun itu menjadi yang terepat dari 26 pebalap untuk hari ketiga, dengan catatan waktu 1 menit 59,533 detik – mengungguli rekor tidak resmi di trek itu yang dibukukan oleh mantan juara dunia Casey Stoner pada 2012.

Pada tahun lalu Marquez menjadi pebalap termuda yang memenangi gelar dunia, dan pebalap pemula pertama yang memenanginya dalam 35 tahun.

Mengambil keuntungan dari kondisi panas dan kering yang membuat para pebalap dapat mencatatkan waktu-waktu tercepat, Marquez memperlihatkan teknik mengendarai sepeda motor tanpa kenal takutnya ketika ia menunggangi Honda baru yang lebih irit bahan bakar di sirkuit yang cukup sulit ini.

“Untuk musim baru kami akan berusaha untuk kembali memenangi gelar dan untuk menjadi kompetitif,” ucapnya kepada para pewarta.

“Tentu saja saya akan merasakan lebih banyak tekanan dibanding tahun lalu, namun saat berada di bawah tekanan saya dapat bekerja dengan baik,” tambahnya.

Sejak 2009, tidak ada pebalap kelas premium yang mampu mempertahankan gelar Moto GPnya.

Pebalap yang membuntuti Marquez di Sepang merupakan rivalnya dari Yamaha yang merupakan juara dunia sembilan kali asal Italia Valentino Rossi, yang telah berhasil memecahkan masalah pada sektor pengereman pada sepeda motornya. Jorge Lorenzo – juara Moto GP dua kali – berada di urutan ketiga.

Rossi lebih lambat 0,194 detik dari Marquez, sedangkan Lorenzo tertinggal 0,333 detik.

Dani Pedrosa, yang mengincar gelar dunia Moto GP perdananya, berada di posisi keenam – terpaut 0,690 detik di belakang rekan setimnya Marquez.

Lorenzo, yang juga sempat mengalami masalah din sektor pengereman, menyebut Marquez sebagai pebalap yang “sangat kuat.” “Saya harus berlatih lebih keras untuk mendapatkan kembali kekuatan fisik saya. Kami juga harus meningkatkan kemampuan pengereman dan akselerasi mesin,” tuturnya.

Para pebalap papan atas datang ke Sepang setiap awal tahun untuk menjalani sesi-sesi pengujian – sesi pengujian selanjutnya akan dilakukan pada 26 Februari – di mana mereka menguji kecepatan sepeda-sepeda motor mereka di sirkuit yang banyak terdapat tikungan sempit sebagai persiapan untuk musim depan.

Mereka akan menjalani sesi uji selanjutnya di Phillip Island di Australia dan di Sirkuit Losail Qatar, sebelum musim baru dimulai di Losail pada 23 Maret. (AFP)