SBY Akui, Banyak Masyarakat Tak Puas Soal Tes CPNS

Foto: Setkab

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengemukakan, ia telah mendapat banyak sekali masukan dari masyarakat luas mengenai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dimana ada yang puas, ada yang tidak puas. Karena itu, Presiden mengaku ingin mendengarkan laporan dan presentasi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyangkut pelaksanaan penerimaan CPNS yang dilakukan pada tahun anggaran 2013 ini.

“Saya mendapatkan banyak sekali dari masyarakat luas mengenai penerimaan CPNS ini. Ada yang puas, ada yang tidak puas. Kewajiban pemerintah untuk melakukan seleksi dan pengangkatan PNS baru itu sesuai dengan sistem, aturan dan kebutuhan negara dan pemerintah,” kata SBY pada rapat terbatas di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (7/1) pagi.

SBY menegaskan, sepanjang penerimaan CPNS dilakukan sesuai aturan, dan kebijakannya juga tepat, maka tentulah pemerintah akan mempertanggungjawabkannya.

Sebagaimana diketahui, pada 2013 lalu, pemerintah melakukan rekrutmen CPNS besar-besaran dari jalur pelamar umum dan jalur tenaga honorer. Untuk penerimaan CPNS dari jalur pelamar umum, hasilnya telah diumumkan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), bahkan sebagian di antara mereka sudah ada yang memperoleh penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sementara untuk penerimaan CPNS dari jalur tenaga honorer, khususnya tenaga honorer Kategori II (K2), yang semua direncanaan hasilnya akan diumumkan Selasa (5/2), ditunda hingga dalam waktu yang tidak terlalu lama akibat adanya masalah teknis. Rapat Terbatas itu selain dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono, juga dihadiri oleh seluruh Menko, Mensesneg Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin, dan para menteri terkait. (MSR/Setkab)