Di MTQ Batam, BI Kampanyekan Ekonomi Syariah

Ilustrasi foto: Antara

Batam, Sayangi.com – Bank Indonesia Kepulauan Riau memanfaatkan waktu pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional ke-25 di Batam mensosialisasikan ekonomi syariah, dengan mengadakan Expo Syariah, kata Kepala Kantor BI Kepri Gusti Raizal Eka Putra.

“Kami akan mengadakan Expo Syariah dalam satu rangkaian acara dengan MTQ,” kata Gusti Raizal dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan MTQ Nasional di Batam, Jumat (7/2). Menurut Gusti Raizal, MTQ adalah waktu yang baik untuk lebih memasyarakatkan ekonomi syariah, mengingat kegiatan muslim itu diikuti perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

BI akan menggandeng bank-bank syariah, BPR syariah dan UMKM dalam pameran yang rencananya diselenggarakan di mal terdekat tempat acara. “Kami bisa menggunakan hal ini untuk lebih mendorong kesuksesan MTQ,” kata dia. Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo mendukung rencana BI untuk menyelaraskan sosialisasi ekonomi syariah dengan MTQ Nasional di Batam.

“Panitia menyambut baik keinginan BI menghimpun bank-bank syariah, sebagai satu kesatuan,” kata Wakil Gubernur. Menurut dia, ekonomi syariah sejalan dengan semangat pelaksanaan MTQ sehingga cocok bila kegiatannya dimasukan dalam rangkaian acara nasional itu.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Rudi mengatakan hampir seluruh bangunan fisik untuk pelaksanaan MTQ di Dataran Engku Putri sudah selesai dibangun. “Bangunan fisik sudah selesai di 2013, Arena, tiga pintu gerbang, enam menara dan jalan utama sudah selesai,” kata dia. Pelebaran jalan di sekitar Dataran Engku Putri juga sudah selesai, dan sudah dinikmati masyarakat.

Pemkot masih akan membangun alur jalan yang menghubungkan Kantor Wali Kota ke Kawasan Wisata Ocarina. ” Nanti dari Pemkot langsung ke Ocarina, kami ubah menjadi sistem bundaran, sehingga seluruh arah bisa berputar di sana,” kata Wakil Wali Kota. (MSR)