Museum Patah Hati, Prasasti Bagi Mereka yang Putus Cinta

Kroasia, Sayangi.com – Di Kroasia terdapat sebuah museum yang terbilang unik. Museum tersebut diberi nama Museum of Broken Relationship. Museum yang terletak di Zagreb, Kroasia ini memang sengaja didirikan untuk mendedikasikan hubungan cinta yang gagal. Museum ini memamerkan berbagai barang yang berasal dari mantan kekasih.

Karena keunikannya, museum ini menerima penghargaan Kenneth Hudson Award yang diberikan oleh European Museum Forum (EMF) sebagai museum paling inovatif di Eropa pada Mei 2011 silam.

Museum ini didirikan oleh pasangan seniman dari Zagreb, Kroasia bernama Olinka Vistica dan Drazen Grubisic. Olivia berprofesi sebagai seorang produser film, sementara sang kekasih, bekerja sebagai pematung.

Mereka terinspirasi untuk membuat museum tersebut berdasarkan kandasnya hubungan cinta yang telah mereka jalani selama 4 tahun. Lantas tercetus ide untuk membuat museum yang berisi barang-barang pribadi mereka.

Tiga tahun berselang, Drazen mencoba untuk menghubungi kembali Olinka untuk mewujudkan ide mereka. Lalu kemudian mereka mulai mengumpulkan barang-barang pribadi dan juga meminta kawan-kawan mereka untuk menyumbangkan berbagai barang yang tersisa dari para mantan kekasihnya. Pada tahun 2006 Museum of Broken Relationship untuk pertama kalinya dibuka untuk umum.

Berbagai barang yang ada di museum ini dikumpulkan dari berbagai belahan dunia. Adapun barang yang terdapat di museum ini bermacam-macam mulai dari implan payudara palsu sampai sebuah kapakpun terpajang di sini. Setiap barang yang dipajang selalu disertai tanggal dan lokasi serta sebuah catatan kecil dari si penyumbang barang tersebut.  

Biasanya menjelang hari kasih sayang atau Valentine, pengunjung museum ini bisa bertambah dua kali lipat dibandingkan hari biasanya. Tertarik untuk mengunjungi?(GWH)