Samantha Stosur Antarkan Australia ke Semifinal Piala Fed

Foto: ABC

Hobart, Australia, Sayangi.com – Australia maju ke babak semi final turnamen tenis Piala Federasi, Minggu, untuk pertama kalinya dalam 21 tahun, setelah menang 4-0 melalui Samantha Stosur serta partai ganda.

Stosur, peringkat ke-16 dunia dan juara AS Terbuka 2011, mengalahkan pemain remaja peringkat ke-158 Victoria Kan dalam laga satu jam dengan angka 6-2, 6-3.

Kemenangannya atas pemain 18 tahun yang baru pertama tampil dalam laga Piala Fed itu, membuat Australia unggul 3-0 atas Rusia.

“Saya amat…amat gembira. Dia (Kan) pemain bagus dan dapat melakukan berbagai hal yang diinginkannya. Bila ia lebih berpengalaman saya kira hasil pertandingan akan berbeda,” kata Stosur.

“Kami masih bertahan dan saya kira kami memiliki peluang untuk meraih gelar juara,” katanya.

Ashleigh Barty dan Casey Dellacqua mengalahkan duet Rusia dengan angka 6-1, 6-3, pada laga yang diperkuat Khromacheva dan Valeria Solovyeva.

Dellacqua mengatakan, ia dan Barty menjalani “minggu hebat” pada penghujung minggu ini.

“Kami bermain luar biasa saat ini. Tahun lalu rasanya ia masih seorang bayi tapi sekarang sudah berusia 18 tahun. Ia dengan cepat tumbuh dewasa dan kami bermain bersama,” katanya mengomentari pasangannya.

Australia terakhir kali maju ke semi finala Piala Davis pada 1993 dan mereka belum pernah mengalahkan Rusia sejak 1983.

Pada pertandingan berikutnya, mereka akan bertemu dengan Jerman atau Republik Slowakia, dan Jerman saat ini memimpin 2-0 pada laga mereka yang diadakan di Bratislava.

Kapten tim Australia, Alicia Molik, menyatakan kegembiraannya dengan hasil kemenangan itu.

“Piala Davis selalu menunjukkan siapa yang terkuat hanya dalam satu minggu. Dukungan sesama pemain amat fantastik. Saya ingin mereka melanjutkan kehebatan itu pada lanjutan permainan kami,” katanya.

Australia memasuki laga Minggu dengan keunggulan 2-0, setelah sebelumnya Dellacqua mengalahkan Irina Khromacheva, satu-satunya pemain Rusia yang pernah tampil dalam pertandingan tim itu pada turnamen sebelumnya, pada laga dua set.

Stosur kemudian mengalahkan pemain kurang ternama berusia 16 tahun, Veronika Kudermetova, peringkat 650 dunia, dengan angka 6-4, 6-0.

Ia seharusnya bertemu dengan Khromacheva, Minggu, tetapi Rusia menggantikannya dengan peringkat utama Kan.

Rusia, tahun lalu kalah di final, bermain tanpa petenis handal mereka. Maria Sharapova saat ini sedang bermain di Sochi pada Olimpiade musim dingin.

Kapten baru, mantan petenis nomor dua dunia Anastasia Myskina, menurunkan empat pemain kurang terkenal, – di antara mereka yang tertinggi peringkatnya adalah Kan. (AFP)