Jaga Kearifan Lokal, Mataram Larang Perayaan Valentine

Ilustrasi foto: all-images.org

Mataram, Sayangi.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram telah mengedarkan surat larangan perayaan hari valentine atau hari kasih sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari.

“Kami sudah mengeluarkan surat larangan perayaan valentine ke sekolah-sekolah, sebagai antisipasi digelarnya perayaan hari valentine di sekolah,” kata Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H Ruslan Effendy di Mataram, Minggu (9/3). Dia mengatakan, larangan perayaan hari valentine atau hari kasih sayang itu sebagai upaya mencegah pelajar Kota Mataram agar tidak terjebak dalam hal-hal di luar kearifan lokal dan budaya Indonesia.

Karena itu, katanya, Dikpora Kota Mataram melarang segala sifat dan bentuk apa pun pelaksanaan kegiatan valentine di sekolah-sekolah, mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas. “Hal itu juga sesuai dengan imbauan yang dikeluarkan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh pada tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Menurut dia, saat ini sekolah-sekolah diimbau tetap lebih memfokuskan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, terutama menghadapi persiapan ujian sekolah dan ujian nasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Selain itu, memberikan pengarahan kepada siswa bahwa kasih sayang antarsesama tidak hanya perlu diwujudkan setahun sekali, melainkan harus ditumbuhkan setiap saat di sekolah.

Sekolah juga diminta aktif selalu melakukan pengawasan terhadap kegiatan kesiswaan agar tidak meninggalkan norma-norma yang berlaku, sesuai dengan visi Kota Mataram yang “maju, religius dan berbudaya”. (MSR/ANT)