Bulutangkis: Simon Unjuk Gigi Setelah Keluar Dari Pelatnas

Foto: PBSI

Surabaya, Sayangi.com – Pemain nasional Simon Santoso mulai unjuk gigi setelah keluar dari pelatnas dengan mengalahkan pemain peringkat delapan Dina Nguyen Tien Minh pada final Djarum Superliga 2014 di DBL Arena Surabaya, Minggu.

Simon Santoso yang memperkuat tim Musica Flypower Champion ini mampu mengakhiri perlawanan pemain asal Vietnam yang memperkuat tim Jaya Raya ini dengan skor 21-16 dan 21-18.

“Pertandingan tadi cukup seru. Apalagi saya dituntut menang agar mampu memperpendek ketertinggalan dari Jaya Raya,” kata Simon Santoso usai menang.

Mantan pemain pelatnas ini pada pertandingan final Djarum Superliga 2014 turun sebagai pemain ketiga. Sebelumnya sang juara bertahan ini telah ketinggalan dua poin setelah di dua nomor awal mengalami kekalahan.

Kekalahan Musica dialami oleh tunggal pertama Alamsyah Yunus. Pemain yang dijuluki Raja Sirnas Indonesia itu harus mengakui keunggulan pemain impor Jaya Raya asal Jepang Kenichi Tago dengan skor 16-21 dan 16-21.

Sedangkan kekalahan kedua diterima pasangan Ryan Agung Saputra/Wahyu Nayaka setelah menyerah dari pasangan peraih emas Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido/Hendra Setiawan dengan rubber game, 11-21, 21-18 dan 17-21.

Bagi Simon Santoso, kemenangan atas Nguyen Tien Minh bisa dikatakan sebagai pembuktian jika pemain asal klub Tangkas Jakarta itu masih mampu bersaing dengan pemain yang masuk dalam 10 besar dunia.

“Saya hanya ingin membuktikan bahwa di luar pelatnas pun saya masih mampu bermain baik. Saya juga masih siap jika dipanggil kembali mengikuti pelatnas,” kata Simon Santoso.

Juara Indonesia Open 2012 tersebut mengundurkan diri dari pelatnas setelah gagal meraih hasil terbaik pada dua kejuaraan yang menjadi target PP PBSI yaitu Korea Open Super Series dan Malaysia Open Super Series Premier 2014.

Sebelumnya PP PBSI memberikan ultimatum kepada Simon Santoso agar memberikan hasil terbaik pada dua kejuaraan besar di awal 2014 ini. Namun Simon gagal membayar kepercayaan yang diberikan oleh PP PBSI.

Dengan kegagalan Simon pada dua kejuaraan tersebut, PP PBSI berencana melakukan evaluasi sesuai dengan rencana awal. Namun, sebelum surat hasil evaluasi diberikan, pemain klub Tangkas Jakarta ini terlebih dahulu mengundurkan diri dari pelatnas. (ant)