Menpera Ajak Kepala Daerah Kawal Program Rumah Rakyat

Foto: Sayangi.com/Eman

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Perumahan Rakyat H. Djan Faridz menyatakan, program-program penyediaan rumah untuk rakyat – yang ditujukan bagi rakyat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah layak huni – harus dikawal pelaksanaannya agar betul-betul sampai ke masyarakat. Terkait pengawalan itulah, Menpera mengundang sejumlah Kepala Daerah ke Jakarta.

Saat ini Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) fokus pada proram-program yang telah disusun sebelumnya. Antara lain penyediaan rumah susun sewa, pembangunan rumah khusus, bantuan stimulasi perumahan swadaya (BSPS), fasilitas likuiditas pembiyaaan perumahan (FLPP), penyediaan prasaran, saran dan utilitas (PSU), bantuan stimulasi peningkatan kualitas perumahan dan perumahan kumuh (BSPK), serta alokasi khusus pembangunan perumahan dan kawasan permukiman.

Keseriusan untuk melaksanakan dan mengawal program itu ditunjukkan dengan mengundang Bupati dan Walikota dari wilayah Barat dan Timur Indonesia untuk menadatangani MOU kerjasama antara Pemerintahan Kabupaten/Kota dengan Depeputi Bidang Perumahan Formal, Deputi Bidang Pembangunan Kemenpera. Acara bertajuk “Pembahasan Usulan Program Pengembangan Kawasan Barat dan Timur” itu dilaksanakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Kamis (13/2), dihadiri oleh perwakilan Pemerintahan Provinsi dan Bupati/Walikota dari wilayah Barat dan Timur Indonesia.

Penandatanganan MOU kerjasama tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Perumahan Rakyat Republik Indonesia H. Djan Faridz. Dikatakannya, koordinasi dengan bupati dan wali kota yang selama ini sering putus harus dievaluasi. Oleh karena itu, pihaknya merasa perlu membuat kerjasama dengan para Bupati dan Wali Kota untuk memastikan pelaksanaan program-program Kemenpera.

Senada dengan hal tersebut Bupati Darmas Raya Adi Gunawan yang bertindak mewakili para bupati dalam sambutannya mengatakan, para bupati mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini karena para bupati dan walikota baru pertama kali terlibat langsung dalam pembahasan program Kementerian. Secara terbuka Adi Gunawan memuji dan menyanjung Menteri Perumahan Rakyat Republik Indonesia H. Djan Faridz. “Ia bagi kami adalah seorang enterpreneur yang mengabdikan dirinya untuk rakyat,” tutur Adi Gunawan. (MSR)